Eksplorasi Kapal van der Wijck Akan Dilanjut September Nanti

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 19:21 WIB
Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim menghentikan sementara eksplorasi bangkai Kapal van der Wijck karena cuaca buruk. Lalu kapan eksplorasi lanjutan dilakukan?
Tim eksplorasi bangkai Kapal van der Wijck/Foto: Istimewa
Lamongan -

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim menghentikan sementara eksplorasi bangkai Kapal van der Wijck karena cuaca buruk. Lalu kapan eksplorasi lanjutan dilakukan?

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengungkapkan, eksplorasi dan ekspedisi lanjutan akan dilakukan tahun ini. Menurutnya, diperkirakan pada September-Oktober 2021.

"Eksplorasi akan kami lanjutkan pada Bulan September-Oktober tahun ini juga," kata Wicaksono saat dikonfirmasi detikcom, Senin (3/5/2021).


Wicaksono menambahkan, dalam eksplorasi awal pihaknya sudah menemukan titik yang diduga lokasi Kapal van der Wijck tenggelam. Titik itu telah diklarifikasi dengan hasil sonar yang digunakan oleh tim arkeologi dari BPCB Jatim. Selain itu, titik tersebut juga sudah dicocokkan dengan informasi yang didapat tim dari nelayan lokal.

"Titik sudah pas, yang mana ini diklarifikasi oleh hasil sonar dan informasi dari nelayan lokal," terangnya.

Wicaksono menyayangkan, titik itu belum bisa didokumentasikan. Pendokumentasian berupa foto maupun video masih terkendala cuaca hingga eksplorasi dihentikan sementara.

"Sayangnya tidak bisa mengambil foto dan video karena terkendala cuaca," ungkapnya.

Untuk diketahui, tim eksplorasi bangkai Kapal van der Wijck melibatkan 13 orang dari Tim BPCB, nelayan setempat, tim scuba dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan serta Polairud. Tim ini sebelumnya juga telah bertamu dengan Bupati Lamongan untuk melaporkan pelaksanaan eksplorasi kapal yang mendapat julukan Titanic Indonesia ini.

(sun/bdh)