Jelang Larangan Mudik, 32 Kapal Masih Layani Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 17:41 WIB
Pemudik dari Bali Semakin Banyak Menyeberang ke Jawa
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi tetap melayani penyeberangan di Selat Bali, bagi pemudik dari Jawa atau ke Bali. Ini dilakukan sebelum penyekatan dan larangan mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei.

ASDP cabang Ketapang masih menyediakan 32 kapal dari 55 kapal yang disiagakan untuk warga.

GM ASDP Ketapang Suharto mengatakan, pihaknya masih mengoperasionalkan 32 kapal di jalur Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk. Belum ada penambahan terkait jumlah kapal.

"Ada 32 kapal yang melayani penyeberangan Jawa-Bali kali ini. Belum (ada penambahan)," ujarnya kepada wartawan, Selasa (3/5/2021).

Namun jika dimungkinkan, jumlah kapal yang akan beroperasi akan bertambah. Penambahan dimungkinkan tidak signifikan, karena kegiatan pelarangan mudik 2021 kurang dari 3 hari.

"Untuk sementara belum. Tapi mepet ya, karena juga tidak ada lonjakan yang berarti," tambahnya.

Dibandingkan pada saat arus mudik lebaran 2021 sebelum pandemi, jumlah kapal turun sangat signifikan. Pada tahun-tahun sebelum pandemi COVID-19, jumlah kapal bisa mencapai 45 kapal. Durasi Bongkar muat pun juga diperpendek.

Saat ini, jumlah 32 kapal sudah mencukupi kebutuhan penyebrangan. 32 kapal itu bersandar di 7 dermaga yang ada di masing-masing pelabuhan, sepeti Ketapang dan Gilimanuk.

(fat/fat)