Mahfud MD Setuju Usul Gus Ipul Bangun Lapas Terintegrasi di Kota Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 19:41 WIB
Mahfud MD Setujui Usul Gus Ipul Bangun Lapas Terintegrasi Kota Pasuruan
Mahfud MD di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Menkopolhukam Mahfud MD akan membangun lembaga pemasyarakatan (Lapas) terintegrasi di Kota Pasuruan. Pembangunan lapas Kota Pasuruan terintegrasi tersebut sebagai pilot project nasional.

Hal itu ditegaskan Mahfud MD usai meninjau dan berkeliling Lapas kelas II B Kota Pasuruan, Minggu (2/5/2021). Mahfud yang ditemani Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Wali Kota Adi Wibowo juga melihat langsung hasil kreativitas warga binaan.

"Pembangunan lapas terintegrasi ini akan saya jadikan pilot project pembangunan lapas ke depan. Ada tempat pengobatan, rehabilitasi, pesantrennya dan lainnya," katanya.

Mahfud MD menyebut, dengan begitu, maka suasananya berbeda. Dan, lapas terintegrasi harus bisa dibuat dengan senyaman mungkin.

"Satu hal yang menggembirakan adalah istilah penjara menjadi lapas. Kalau penjara identik dengan penyiksaan, kalau lapas menjadi tempat rehabilitasi," sambungnya.

Dia menilai, perubahan ini cukup berhasil dan sekurang - kurangnya terbukti di Lapas Kota Pasuruan. Lapas menjadi tempat yang nyaman sebagai tempat pengobatan dan rehabilitasi.

"Lapas menjadi tempat perubahan. Warga binaan bisa belajar, dibekali keahlian, sehingga ketika kembali ke masyarakat mereka sudah berubah dan kreatif," urainya.

Selanjutnya
Halaman
1 2