Jokowi Minta Kerusakan Dampak Gempa Malang Segera Diperbaiki

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 14:22 WIB
Malang -

Presiden Jokowi mendatangi lokasi terdampak gempa bumi M 6.1 di Kabupaten Malang. Presiden berharap rekrontruksi bangunan terdampak segera dimulai bulan depan.

"Kita harapkan, kita semuanya nanti kesini, ke Kabupaten Malang sudah dimulai dan dikerjakan dalam bulan Mei ini," kata Jokowi dalam live YouTube Sekretariat Presiden yang dilihat detikcom di Malang, Kamis (29/4/2021).

Jokowi menuturkan, perbaikan bangunan rusak terdampak gempa bumi akan dibantu sepenuhnya oleh pemerintah. Untuk kerusakan berat bantuan yang dikucurkan sebesar Rp 50 juta.

"Rusak sedang Rp 25 juta, rusak ringan sebesar Rp 10 juta. Semoga bisa segera dilaksanakan rekontruksi dan fasilitas umum seperti di belakang saya, yaitu musala akan dikerjakan oleh Kementerian PU," tuturnya.

Sesuai laporan yang diterima, Jokowi menyebut jumlah bangunan terdampak gempa Malang, khususnya kerusakan di wilayah Kabupaten Malang, jumlahnya sebanyak 1.716 rumah terdiri dari rusak berat, sedang dan ringan.

"Sore hari ini, saya berada di Desa Majangtengah, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, untuk meninjau gempa yang terjadi beberapa hari lalu. Tadi sudah dapat laporan, kerusakan khusus di Kabupaten Malang ada 1.716 rumah, baik yang rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan semuanya akan dibantu pemerintah," tegas Jokowi.

Dia mengharapkan roda kehidupan pasca gempa bumi bisa segera normal kembali. Dengan segera dilaksanakan proses rekontruksi bangunan yang terdampak gempa.

"Dengan ini, saya kira kita ingin agar kehidupan bisa normal kembali," pungkasnya.

(fat/fat)