Puluhan Warga Magetan Keracunan Usai Makan Nasi Bungkus Saat Bukber

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 09:49 WIB
Puluhan warga Desa Plumpung, Kecamatan Plaosan, Magetan, keracunan massal. Mereka diduga keracunan usai menyantap nasi bungkus untuk hidangan buka bersama di Masjid An-Annur, desa setempat
Warga keracunan massal usai bukber (Foto: Istimewa)
Magetan -

Puluhan warga Desa Plumpung, Kecamatan Plaosan, Magetan, keracunan massal. Mereka diduga keracunan usai menyantap nasi bungkus untuk hidangan buka bersama di Masjid An-Annur, desa setempat, Rabu (28/4).

Warga keracunan nasi bungkus, ikan ayam bakar. Sementara jumlah warga yang mengalami keracunan sekitar 27 orang.

"Ada sekitar 27 warga yang keracunan diduga usai menyantap menu buka puasa," ujar Kepala Desa Plumpung Jaelani Wahyudiarto saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (29/4/2021).

Warga yang mengalami keracunan tersebut, kata Wahyudiarto, diketahui saat salah satu warga mengalami muntah berak (Muntaber) sekitar pukul 21.00 WIB. Rupanya, warga lain juga mengalami hal yang sama.

Mereka akhirnya dibawa ke Puskesmas Plaosan untuk perawatan. Meski mereka yang keracunan sempat menjalani perawatan di ruang tunggu. "Sudah langsung kita bawa ke Puskesmas Plaosan tadi malam saat ini masih perawatan sebagian sudah membaik," kata Wahyudiarto.

Wahyudiarto mengatakan, data jumlah warga yang mengalami keracunan diperkirakan masih bertambah. Hal ini karena jumlah undangan buka bersama di masjid ada lebih dari 100 orang.

"Tidak menutup kemungkinan korban keracunan makanan itu bisa bertambah hingga ratusan, karena undangan bukber ada seratus orang lebih," ungkapnya.

Data yang dihimpun detikcom, hingga kini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas keracunan massal ini.

Tonton juga Video: Ratusan Warga di Purwakarta Diduga Keracunan Makanan Hajatan

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)