75% Lansia di Surabaya Sudah Divaksin

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 12:21 WIB
Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara
Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Vaksinasi lansia di Surabaya sudah menyentuh 75%. Secara angka, sudah 192 ribu dari target 255 ribu lansia di Surabaya sudah divaksin.

"Kita targetkan 255 ribu lansia, sekarang sudah 192 ribu lansia. Sudah sekitar 75% lansia di Surabaya yang sudah divaksin. Kami harap satu pendamping dengan 2 lansia ini bisa terselesaikan," ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara, Rabu (28/4/2021).

Febri mengatakan, jika animo lansia cukup tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Pemkot berharap vaksinasi dapat berjalan secepat mungkin. Terlebih dibantu oleh satu pendamping yang membawa dua lansia.

"Alhamdulillah dengan adanya program satu pendamping dua lansia cukup membantu pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia. Hingga hari kemarin 26 April 2021 capaian untuk pemberian vaksin terhadap lansia sekitar 75% dari target 255 ribu, hingga kemarin sudah tercapai 192 ribu lansia yang sudah tervaksin," jelasnya.

Tugas dari pendamping ini juga mendata lansia yang ada di perkampungan untuk bisa vaksinasi. Mereka juga mengantar para lansia untuk vaksin di puskesmas.

Pendamping nantinya akan mendata alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Kemudian relawan pendamping ini menyerahkan ke puskesmas untuk didata ulang untuk mengatur jadwal vaksinasi.

"Sehingga tahu jadwalnya kapan untuk dilaksanakan vaksinasi terhadap lansia," ujarnya.

Sementara untuk vaksinasi tahap satu dan tahap dua, dosis satu sudah dilakukan kepada 558.373 warga. Sedangkan dosis kedua telah menyelesaikan 221.940.

"Total untuk vaksinasi baik tahap satu tahap dua sudah melakukan vaksin sebanyak 788.313," katanya.

Pada tahap dua ini yang mengikuti vaksin adalah petugas pelayanan publik, seperti OPD, Polisi, TNI, guru, pedagang SWK, dosen, BUMN, BUMD, tokoh agama, wartawan, kader, atlit, pariwisata, pegawai resto, transportasi publik, tokoh masyarakat dan pelayanan publik lainnya dan juga lansia.

Target penyelesaian vaksin tahap dua ini, Pemkot Surabaya mengikuti dari Pemerintah Pusat. Jika sudah terlesaikan maka bisa lanjut ke tahap tiga, yaitu ke masyarakat.

Untuk vaksinasi saat Hari Raya Idul Fitri masih belum dipastikan akan tetap dilakukan atau tidak. "Untuk Idul Fitri kami teman-teman dari Dinas Kesehatan masih mempola-polakan, apakah ada vaksinasi atau libur dulu masih belum tahu," pungkasnya.

Tonton juga Video: Karaoke Tembang Lawas Hibur Vaksinasi Lansia di Yogyakarta

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)