Blitar Siapkan 2 Hotel untuk Karantina Pekerja Migran Indonesia Habis Kontrak

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 11:42 WIB
Pekerja Migran Indonesia (PMI) berdatangan ke Kabupaten Blitar. Pemkab Blitar telah menyiapkan dua hotel untuk karantina mereka selama tiga hari.
Rakor lintas sektor penanganan kepulangan PMI di Pemkab Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar -

Banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang habis kontrak pulang ke Kabupaten Blitar. Pemkab Blitar telah menyiapkan dua hotel untuk karantina mereka selama tiga hari.

Sekretaris Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar, Mujianto mengakui, banyak PMI yang datang dan langsung menuju rumahnya masing-masing. Ini karena skema penanganan kepulangan PMI yang telah habis kontraknya, baru diinstruksikan pascalarangan mudik PMI oleh Menaker per 19 April 2021. Namun kepulangan PMI yang telah habis kontrak kerjanya, sudah terdeteksi sejak awal Ramadhan.

"Jadi beda penanganan PMI yang memang mudik, dengan yang habis masa kontraknya. Kalau yang mudik, biaya selama karantina harus mereka tanggung sendiri sesuai SE Mendagri Nomor 9 Tahun 2021. Nah kalau PMI yang kontraknya habis, kami sediakan dua hotel untuk karantina," kata Mujianto saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (27/4/2021).

Untuk Pekerja Migran Indonesia yang sudah terlanjur pulang ke rumahnya, Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar meminta seluruh kepala desa berkoordinasi dengan yankes, memeriksa kondisi kesehatan mereka. Testing akan dilakukan, jika masa kedatangan mereka belum ada tiga hari. Mereka kemudian akan dibawa ke rumah karantina yang ada di desanya masing-masing.

"Kan begitu tiba di bandara, ada yang menyeleksi ini PMI habis kontrak atau mudik. Kalau yang habis kontrak di-testing dulu di Surabaya lalu dikarantina di sana selama dua hari. Baru dijemput Dishub untuk pulang ke kab/kota masing-masing," jelasnya

Untuk PMI yang kepulangannya karena kontrak kerjanya telah habis, Pemkab Blitar menyediakan dua hotel untuk karantina mereka selama tiga hari. Dua hotel itu, lanjut dia, dibagi atas dua wilayah. Untuk PMI warga Blitar Timur akan dikarantina 3 hari di Hotel Kharisma Kecamatan Wlingi. Ada 10 kamar yang disediakan di hotel ini. Sementara untuk PMI warga Blitar Barat, akan disiapkan di Hotel Ilhami Kecamatan Ponggok. Di hotel ini juga disediakan 10 kamar yang bisa menampung 20 orang.

"Fasilitas karantina untuk PMI yang habis masa kontraknya ini, sesuai instruksi Pemprov Jatim sampai tanggal 18 April. Atau masa mudik Lebaran habis. Kalau PMI yang belum habis masa kontraknya tapi terlanjur mudik, ya dikarantina di desa pakai biaya mereka sendiri selama 14 hari," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 14 ribu PMI akan pulang secara bergelombang karena masa kontrak kerja mereka habis. Data Disnaker Pemkab Blitar mencatat, kedatangan PMI yang habis masa kontraknya sudah dilaporkan sejak 9 April 2021. Sampai Senin (26/4), jumlah PMI yang pulang ke Kabupaten Blitar sebanyak 234 orang.

Jumlah terbanyak berasal dari Kecamatan Wonodadi, sebanyak 19 PMI. Namun Kadisnaker Pemkab Blitar, Haris Susianto mengaku, jumlah itu tidak dibedakan mana PMI yang habis kontrak kerjanya dengan PMI yang cuti.

"234 sampai tanggal 26 April itu campur ya. Nanti setelah dijemput oleh Dishub, kami seleksi terlebih dahulu begitu tiba di Kabupaten Blitar Kanigoro. Mana yang karantinanya bisa difasilitasi pemkab dan mana yang harus karantina atas biayanya sendiri," pungkas Haris

Tonton juga Video: WNI dari India Wajib Karantina 14 Hari!

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)