Kenangan Ayah Serda Pandu Kru KRI Nanggala-402 Video Call Pamer Sepatu PDL

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 00:16 WIB
Duka masih dialami Peltu Wahyudi, ayah almarhum Serda Ede Pandu Yudha Kusuma. Pasalnya, baru minggu lalu, Peltu Wahyudi sempat video call pamer sepatu Pakaian Dinas Lapangan (PDL) pada anaknya
Peltu Wahyudi, ayah almarhum Serda Ede Pandu Yudha Kusuma (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Duka masih dialami Peltu Wahyudi, ayah almarhum Serda Ede Pandu Yudha Kusuma, kru KRI Nanggala-402. Pasalnya, baru minggu lalu, Peltu Wahyudi sempat video call pamer sepatu Pakaian Dinas Lapangan (PDL) pada anaknya. Sepatu itu akan diberikan kepada Pandu, jika nanti usai berlayar dan kembali pulang ke rumahnya.

Wahyudi baru saja mendapat pembagian sepatu PDL dari kesatuannya di TNI AD. Dirinya sengaja memilih ukuran sepatu anaknya itu. Seperti inilah hubungan akrab keduanya layaknya adik dan kakak.

"Itu buat siapa pak? Ya buat kamu. Bagus pak sepatunya. Saya sama Pandu itu sepeti kakak adik. Saya dapat pembagian pakaian apa, saya kasihkan ke dia. Begitu juga sebaliknya. Minggu lalu saya dapat sepatu PDL. Sengaja ukuran sepatunya saya minta seperti ukuran sepatu Pandu," kata Wahyudi, ditemui usai doa bersama di rumahnya, di Kelurahan Sobo, Banyuwangi, Minggu (25/4/2021) malam.

Wahyudi terus mengenang video call terakhir dengan anaknya itu. Rencananya jika pulang nanti, sepatu itu akan diberikan pada Pandu. Namun takdir berbicara lain. Pandu termasuk dalam bagian kru kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam dan seluruh awaknya gugur.

"Saya kalau lihat sepatu itu, selalu teringat Pandu," kata Wahyudi yang tak mau menunjukkan sepatu PDL itu karena teringat Pandu.

Pandu diterima menjadi anggota TNI AL sejak 2016 lalu. Sejak 2016 Pandu dinas di kapal permukaan.

"Desember tahun ini seharusnya tepat lima tahun Pandu menjadi anggota TNI AL," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2