Gagal Dievakuasi, Hiu Paus yang Terdampar di Pantai Bayeman Akhirnya Mati

Adhar Muttaqien - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 10:49 WIB
hiu paus terdampar
Hiu Paus yang terdampar di Pantai Bayeman mati setelah gagal dievakuasi (Foto: Adhar Muttaqien)
Tulungagung -

Setelah gagal dievakuasi, seekor hiu paus yang terdampar di Pantai Bayem, Tulungagung mati. Bangkai ikan besar itu kini masih tergeletak di bibir pantai.

Salah seorang nelayan setempat Sutarji, mengatakan sejak terkena jaring dan terdampar di Pantai Bayem pada Kamis sore, para nelayan berusaha melakukan upaya evakuasi hiu paus tersebut dengan mendorong ke tengah.

"Tapi karena terlalu berat akhirnya gagal. Tadi malam itu sampai jam 23.00 WIB," kata Sutarji, Jumat (23/4/2021).

Saat ini bangkai hiu paus yang memiliki panjang lebih dari lima meter itu masih tergeletak di bibir pantai dan menjadi tontonan warga.

Nelayan berharap pihak terkait untuk segera menindaklanjuti keberadaan bangkai hiu paus tersebut dengan dikubur di tempat yang aman. "Lebih baik dikebumikan, karena kalau dibiarkan, baunya nanti nggak enak," jelasnya.

Sebelumnya ikan besar itu terdampar di Pantai Bayem kemarin sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu hiu paus terjerat jaring nelayan. "Kemungkinan sedang mencari plankton di sekitar pantai, kemudian kena jaring itu," imbuh Sutarji.

Hiu paus atau whale shark merupakan kelompok ikan hiu yang mencari makan dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Dikutip dari laman Kementerian KKP, hiu paus merupakan hiu yang jinak dengan gigi yang tidak tajam berukuran 6 mm.

Kecepatan renang maksimal ikan hiu paus tergolong sangat lambat hanya 5 km/jam, namun kemampuan menyelam bisa mencapai kedalaman 1.000 meter.

Tonton juga Video: Detik-detik Hiu Paus Terdampar di Cianjur, Dagingnya Dipotong Warga

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)