Basarnas Siapkan 2 Kapal dan Penyelam Bantu Pencarian KRI Nanggala-402

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 20:31 WIB
basarnas banyuwangi
Basarnas Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Basarnas bakal menyiapkan 2 kapal penyelamat dan penyelam untuk membantu proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali utara. Hal ini dilakukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dua kapal besar milik Basarnas bergeser ke Banyuwangi. Pertama dari kantor Basarnas Surabaya ada KN Antasena dan dari Basarnas Jakarta ada KN Wisnu. Kedua kapal ini sudah dalam perjalanan menuju Banyuwangi bersama seluruh kru nya. Kedua kapal ini juga membawa tim penyelam.

Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi mengatakan pihaknya telah diperintahkan untuk mempersiapkan alat utama (alut) Basarnas beserta krunya.

"Untuk sementara info yang kita terima dari pimpinan kita yang di Surabaya untuk mempersiapkan alut," jelasnya kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

"KN Antasena malam ini dimungkinkan datang. Langsung berlabuh di Pelabuhan Tanjungwangi," tegasnya

Untuk alut yang ada di Pos Basarnas Banyuwangi, menurut Wahyu ada satu rubber boat yang saat ini berada di Pelabuhan Tanjungwangi.

Dia tidak bisa memastikan kapan akan dilakukan pergerakan atau proses pencarian. Pihaknya saat ini sifatnya masih sebatas persiapan dan stand by sambil menunggu arahan.

"Jika memang dibutuhkan oleh pihak Lanal kita ready," pungkasnya.

KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Bali, Rabu (21/4/2021). Saat ini sudah ada 6 Kapal Republik Indonesia (KRI) berada di perairan Banyuwangi. Di antaranya KRI Hiu, KRI Singa, KRI Layang, KRI Satsuit Tubun, KRI Hasan Basri, dan KRI Suharso, dalam membantu pencarian kapal selam yang di produksi Jerman tersebut.

Simak video 'Kapal Selam Hilang, Prabowo Sorot Modernisasi Alutsista 3 Matra TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)