Jembatan Penghubung Tuban dan Bojonegoro Ini Sudah 6 Bulan Rusak

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 18:31 WIB
Jembatan Simo Glendeng sudah 6 bulan rusak. Hingga kini belum ada kepastian soal kapan penghubung Tuban dan Bojonegoro ini akan diperbaiki oleh pemerintah.
Jembatan Simo Glendeng yang rusak/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Tuban -

Jembatan Simo Glendeng sudah 6 bulan rusak. Hingga kini belum ada kepastian soal kapan penghubung Tuban dan Bojonegoro ini akan diperbaiki oleh pemerintah.

"Masih tahap perencanaan di Bidang Bina Marga. Di Pak Edi Kartono, Kabid BM Dinas PUPR Tuban," kata Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Agung Supriyadi kepada detikcom, Kamis (22/4/2021).

Ia belum bisa memastikan apakah perbaikan jembatan rusak bisa dilakukan tahun ini atau tidak. Hingga saat ini, Jembatan Simo Glendeng mengalami kerusakan pada tiang penyangga dan tembok penahan jembatan. Sebab terjadi abrasi pada sisi utara sejak awal November 2020.

Saat ini jembatan itu hanya bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua. Warga Tuban dan Bojonegoro menunggu jembatan itu segera diperbaiki.

Pengguna jalan merasa kesulitan jika harus memutar melalui Jembatan Kalikethek yang radiusnya hingga mencapai 20 km. Sementara jika melalui jalan alternatif rawan laka lantas, karena jalannya sempit dan gelap saat malam hari.

"Ya sebenarnya kita ingin segera jembatan ini segera ada perbaikan. Kita ini sopir truk merasa rugi kalau ambil muatan dari Tuban harus memutar jauh. Kalau lewat jalan alternatif rawan guling jalannya jelek dan sempit," ujar seorang sopir truk, Narko.

Warga yang memiliki usaha di sekitar jembatan rusak juga merasa dirugikan. Toko mereka sepi karena jembatan tersebut hanya bisa dilewati roda dua.

"Mbok ya segera didandani tho Pak, wes 5 bulan lebih. Hanya bisa dilewati motor saja. Toko saya ini tutup karena tak ada yang beli. Jalan sepi orang lewat," jelas Salsa, salah seorang pemilik kelontong di sekitar jembatan.

(sun/bdh)