Saat Tahanan Polda Jatim Isi Ramadhan dengan Ngaji Bareng

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 09:59 WIB
Lantunan ayat-ayat Al-Quran terdengar dari lorong penjara Polda Jatim. Itu merupakan suara para tahanan yang mengaji untuk mengisi waktu di Bulan Ramadhan.
Para tahanan yang mengaji untuk mengisi waktu di Bulan Ramadhan/Foto: Istimewa/Humas Polda Jatim
Surabaya -

Lantunan ayat-ayat Al-Qur'an terdengar dari lorong penjara Polda Jatim. Itu merupakan suara para tahanan yang mengaji untuk mengisi waktu di Bulan Ramadhan.

Para tahanan Polda Jatim mengaji pada pagi dan sore hari. Mereka mengaji dengan dipandu ustaz dan dibagi menjadi beberapa kelompok.

"Para tahanan ini sedang mengikuti program Tahjil Ramadhan, yang merupakan singkatan dari tahanan mengaji di bulan Ramadhan," ujar Dirtahti Polda Jatim, AKBP Deny Abrahams di Surabaya, Kamis (22/4/2021).


Deny memaparkan, program ini menjadi salah satu upaya Polda Jatim dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan para tahanan. Ketika mengaji, mereka dibagi dalam dua kelompok.

"Ada kelompok tahanan yang belum bisa membaca Al-Qur'an dan kelompok tahanan yang sudah bisa membaca Al-Qur'an tetapi belum lancar," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Deny menyebut program ini akan dilangsungkan selama 30 hari penuh. Deny berharap, kebiasaan mengaji ini dapat dilanjutkan para tahanan usai Ramadhan berakhir. Bahkan ketika mereka sudah dipindah ke rutan atau lapas hingga 'lulus' dari penjara.

"Harapannya, setelah keluar dari sini dapat berperilaku yang baik dan tidak mengulangi perbuatannya," ungkap dia.

Diketahui, saat ini ada 251 tahanan di Mapolda Jatim. Selain mengaji rutin, mereka juga mendapat kontrol kesehatan secara rutin. Karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Kontrol tahanan dilakukan oleh anggota setiap jam sekali, dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap," pungkas Deny.

Tonton juga Video: Ramadhan, Polwan di Jambi Jadi Guru Ngaji Anak-anak

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)