Khofifah Ingatkan 7 Titik Penyekatan Mudik 2021 di Jawa Timur

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 17:19 WIB
Gubernur khofifah dan forkopimda jatim
Gubernur di Mapolda Jatim (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengikuti rapat persiapan Operasi Ketupat Semeru 2021 di Mapolda Jatim. Rapat ini membahas antisipasi untuk menghalau masyarakat mudik Lebaran 2021.

"Jadi ini adalah rapat persiapan Operasi Ketupat dan persiapan lebaran termasuk antisipasi dari mudik lebaran. Proses yang sudah dilakukan dari mulai surat edaran, baik dari BNPB maupun dari Kemendagri juga dari kementerian perhubungan tentang larangan mudik, ini lah yang dibreakdown sangat detail titik-titik penyekatan," kata Khofifah di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (21/4/2021).

Selain itu Khofifah menyebut ada 7 titik penyekatan mudik 2021 di Jawa Timur wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Bali yang disekat.

"Jawa Timur sendiri ada 7 titik penyekatan utama," imbuhnya.

Selain 7 titik yang berbatasan langsung dengan perbatasan provinsi, Khofifah menyebut ada juga informasi mudik lebaran 2021 dengan pembagian 8 rayon. Dari 8 rayon tersebut, ada 20 titik penyekatan perbatasan kabupaten/kota.

"Dari 7 titik itu ada 8 rayon nanti. Ini harus terkonfirmasi kepada masyarakat bahwa di dalam Inmendagri nomor 9 tahun 2021 ada klausul dimana kalau ada yang nekat melakukan mudik maka antara lain mereka akan dikarantina 5x24 hari dan biaya karantina atas mereka yang mudik itu," ungkap Khofifah.

Khofifah meminta masyarakat bersabar dengan tidak mudik. Karena, Khofifah menyebut di sejumlah negara muncul tren COVID-19 gelombang ketiga dengan terjadinya peningkatan kasus COVID-19 yang cukup signifikan.

"Kita berharap bahwa masyarakat Jawa Timur yang sekarang sedang merantau, maka mohon bisa bersabar sedikit. Ini sudah melandai tapi kita juga melihat ada tren gelombang ketiga di beberapa negara. Kita tidak ingin, Indonesia atau Jawa Timur mengalami hal yang seperti itu," harap Khofifah.