Urban Legend 2021

Mitos Gua Kalak Tempat Pertemuan Makhluk Gaib dan Tawa Perempuan Misterius

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 09:39 WIB
Gua Kalak Pacitan Diyakini Jadi Tempat Ritual Raja Brawijaya hingga Soeharto
Lokasi Watu Guru Gua Kalak Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Masih banyak cerita keberadaan Gua Kalak Pacitan. Salah satunya tentang mitos tempat itu sebagai arena pertemuan makhluk halus. Konon mereka datang dari beberapa penjuru Pulau Jawa.

"(Makluk halus) dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, juga dari Pantai Selatan. Pertemuannya di sini," ujar Juru Kunci Gua Kalak, Tugiman Manrejo mengutip cerita nenek moyangnya, Rabu (21/4/2021).

Adapun jalur penghubung beberapa wilayah gaib di Pulau Jawa itu, lanjut Tugiman, ditandai adanya semacam terowongan. Diyakini ada lorong memanjang yang terhubung antara Gua Kalak dengan daerah Langsep, Yogyakarta.

"Belum, belum pernah. Itu sebatas cerita saja," jawab Tugiman saat ditanya apakah dirinya pernah masuk ke lorong tersebut.

Meski begitu, lanjut Tugiman, selama menjadi juru kunci dirinya tak pernah mengalami kejadian aneh apapun. Hanya sesekali dirinya mimpi bertemu dengan sosok laki-laki yang memakai ikat kepala jenis barong.

Dia meyakini itu bukan mimpi biasa. Sebab sosok itu bukan sekali dua kali hadir saat dirinya terlelap. Namun sebelum sempat berkomunikasi, Tugiman selalu terhenyak dan bangun dari tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2