Kudapan Abon dari Kulit Singkong Buatan Siswa SMAN 3 Ponorogo Cocok untuk Takjil

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 03:47 WIB
Kudapan Abon dan Gula dari Kulit Singkong Buatan Siswa SMAN 3 Ponorogo
Kulit singkong bisa jadi kudapan takjil (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Siapa sangka kulit singkong yang biasa dianggap limbah bisa diolah menjadi gula dan abon. Gurihnya abon dan manisnya gula ini cocok sebagai bahan olahan takjil pelengkap berbuka puasa ramadhan 2021.

Olahan siswa SMAN 3 Ponorogo ini berhasil menyabet juara 3 tingkat nasional dalam lomba karya tulis di IT Telkom Surabaya, 20 Maret 2021.

Para siswa yakni Lailatul Kurnia Ningrum (17), Alva Sandgrahan Nindar Putra (16) dan Felinsha Oktaviazena Khalistasani (17). Ketiganya menjadikan kulit singkong yang memiliki kandungan sianida paling tinggi bisa untuk diubah jadi makanan nikmat.

"Awalnya, kulit singkong melimpah dan kurang dimanfaatkan akhirnya kita membuat produk gula dan abon," tutur ketua kelompok, Alva kepada detikcom di Ponorogo, Selasa (19/4/2021).

Alva menjelaskan cara pembuatan gula. Pertama, kulit singkong yang berwarna putih dicuci bersih dan direndam di dalam air selama tiga hari.

"Direndam lama tujuannya untuk menghilangkan kadar sianida," jelas Alva.

Selanjutnya kulit singkong diblender sampai halus dan disaring. Hasil saringan tadi diendapkan sampai ada patinya, kemudian diambil lalu direbus. Saat direbus, pati ini ditambah enzim alfaamilase.

Setelah direbus, bahan ini didinginkan sampai 60 derajat lalu ditambahkan enzim glukoamilase. Glukoamilase untuk proses sakarifikasi untuk menghasilkan rasa manis. Proses pemucatan menggunakan arang aktif.

"Terakhir proses evaporasi untuk memekatkan warna gula cair," ujar Alva.

Tonton juga Video: Ada Kudapan Segar Bernama Pipis Kopyor, Seperti Apa?

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2