Makam Sunan Bonang Ramai Peziarah Ngalap Berkah Ramadhan

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 03:15 WIB
sunan bonang
Banyak peziarah berziarah ke Makam Sunan Bonang selama Ramadhan (Foto: Ainur Rofiq)
Tuban -

Bulan Ramadhan digunakan oleh umat muslim untuk berziarah ke makam Wali Allah. Salah satunya adalah makam Sunan Bonang di Tuban.

Para peziarah yang berkunjung ke makam Sunan Bonang pada bulan Ramadhan kebanyakan datang menjelang waktu salat Asar hingga Magrib. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, peziarah bertahlil dan membaca surat Yasin hingga berdoa.

"Saat Ramadhan tetap banyak yang berziarah ke Mbah Bonang. Rata rata Asar hingga habis Magrib. Jadi sambil nunggu berbuka puasa digunakan untuk wirid atau berdoa di sini, ngalap berkah," ujar salah satu warga komplek Makam Sunan Bonang, Ridwan, kepada detikcom, Senin (19/4/2021).

Karena masih dalam pandemi COVID-19, protokol kesehatan di lingkup Masjid Astana hingga makam Sunan Bonang wajib dipatuhi. Mencuci tangan hingga memakai masker merupakan keharusan.

Salah satu peziarah, Zainal Arifin (30), mengatakan sengaja hadir bersama rombongan dari Surabaya untuk berziarah ke makam para wali Allah untuk mendalami agama Islam serta meningkatkan keimanan. Dan makam Sunan Bonang atau Syekh Maulana Makhdum Ibrahim adalah salah satunya.

"Dalam Ramadhan ini harapannya dengan ziarah ke Makam Sunan Bonang bisa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan. Hablum minallah," ujar Zainal.

(iwd/iwd)