Pelabuhan Tanjung Perak Kini Terapkan Tes GeNose C19

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 18:37 WIB
genose di pelabuhan tanjung perak
Tarif GeNose C19 di Gapura Surya Rp 30 ribu (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III resmi menerapkan tes menggunakan GeNose C19. Layanan tes tahap awal ini telah tersedia di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak mulai kemarin Sabtu (17/04).

Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Agus H. Purnomo saat hadir dalam launching layanan GeNose C19 menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo III. Ia juga menilai biaya yang dikeluarkan penumpang untuk layanan sangat terjangkau sehingga tidak menjadi beban biaya tambahan.

"Saya mengapresiasi Pelindo III yang telah menyediakan alat deteksi dini COVID-19 GeNose C19, kita tahu ini biayanya cukup terjangkau sehingga masyarakat tak lagi terbebani dengan biaya tambahan selama bepergian seperti rapid test dan lainnya," ujar Agus, Minggu (17/4/2021).

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto mengatakan harga layanan GeNose C19 yang ada di Pelabuhan Tanjung Perak yakni Rp 30 ribu. Adapun layanan buka dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB dan cukup dengan menunjukan tiket perjalanan.

"Layanan GeNose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp 30 ribu untuk setiap orang sekali periksa," kata Edi.

Menurut Edi, saat ini pihaknya baru menyediakan 2 unit alat dengan kapasitas pemeriksaan 200 orang per hari. Meski begitu, pihaknya siap menambahkan alat lagi sesuai dengan kebutuhan yang ada.

"Sementara ini kami sediakan 2 unit alat dengan kapasitas pemeriksaan kurang lebih 200 orang per hari. Jika dirasa perlu maka tidak menutup kemungkinan jumlah alat akan ditambah," imbuh Edi.

(iwd/iwd)