Bandara Juanda Mulai Terapkan GeNose C19, Harganya Rp 40 Ribu

Suparno - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 13:53 WIB
genose c19 di bandara juanda
Pelayanan GeNose C19 di Bandara Juanda (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

PT Angkasa Pura I mulai menggunakan layanan alat deteksi COVID-19 GeNose C19 di Bandara Juanda hari ini. Calon penumpang diminta tahu jadwal dan telah melakukan tes GeNose 3-4 jam sebelum keberangkatan.

Penggunaan tes GeNose C19 di bandara ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor: SE 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi COVID-19.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan layanan kebandarudaraan terbaik pada masa adaptasi kebiasaan baru, terutama dalam memberikan tambahan layanan alat deteksi GeNose C19 di bandara. Namun kami juga perlu menyampaikan bahwa kapasitas layanan GeNose C19 pada tahap awal ini masih terbatas," kata Faik Fahmi Direktur Utama PT Angkasa Pura I kepada wartawan di Terminal 1, Kamis (1/4/2021).

Karena itu, kata Faik, calon penumpang diimbau tidak mengandalkan layanan GeNose C-19 sebagai salah satu syarat penerbangan karena keterbatasan kapasitas pemeriksaan.

genose c19 di bandara juandaLayanan GeNose C19 di Bandara Juanda (Foto: Suparno)

Calon penumpang yang berencana menggunakan layanan GeNose C19 di bandara diminta memperhatikan waktu operasional layanan, waktu kedatangan di bandara, dan prosedur layanan tersebut. Paling tidak tiga samapai empat calon penumpang harus datang sebelum keberangkatan.

"Selain itu untuk menghindari penumpukan antrean. Calon penumpang yang akan menggunakan layanan GeNose di bandara dianjurkan dapat tiba di bandara 3 sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan," jelas Faik

Harga layanan GeNose C19 di Bandara Juanda Surabaya sebesar Rp 40.000. Kapasitas pemeriksaan 1 mesin GeNose C19 yaitu dapat melakukan sebanyak 10-12 pemeriksaan kantung udara yang berisi hembusan napas dalam 1 jam dan membutuhkan waktu istirahat 1 jam setelah mesin bekerja 8 jam.

Lihat juga Video: Ini Bandara yang Akan Pakai GeNose Mulai 1 April

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2