Mensos Kirim Bantuan untuk Pengungsi di Kabupaten Puncak Papua

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 22:12 WIB
Akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, banyak warga mengungsi. Mensos Tri Rismaharini hari ini mengirimkan bantuan kepada warga yang mengungsi tersebut.
Mensos Risma usai makan di Surabaya/Foto: Istimewa
Surabaya -

Akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, banyak warga mengungsi. Mensos Tri Rismaharini hari ini mengirimkan bantuan kepada warga yang mengungsi tersebut.

Mensos Risma mengatakan, bantuan yang dikirimkan oleh Kementerian Sosial merupakan permintaan Menkopolhukam Mahfud MD. "Ini hari ini kita kirim (bantuan) ke Kabupaten Puncak, Papua. Kita kirim bantuan karena banyak warga yang mengungsi. Sehingga saya diminta oleh Bapak Menkopolhukam untuk mengirim bantuan ke sana dan sudah kita kirim," kata Risma saat ditemui di salah satu Mal di Surabaya, Sabtu (17/4/2021).

Risma menambahkan, sebetulnya pihaknya ingin memberikan langsung bantuan itu ke Kabupaten Puncak, Papua. Namun karena kondisi tidak memungkinkan, pihaknya dilarang berangkat langsung ke lokasi pengungsian.

"Sebetulnya Senin, aku mau ke sana. Tapi kemarin dilarang ke sana. Tapi ya sudah kita kirim bantuan dulu, supaya bisa digunakan dulu untuk para pengungsi. Jadi aku mikir itu, konsentrasi itu, karena jangan sampai terlambat," ungkap Risma.

Tidak hanya itu, Risma juga rencananya akan mengirimkan bantuan kepada keluarga korban penembakan KKB di Kabupaten Puncak, Papua, yang berada di Makassar. Pekan depan akan diserahkan secara langsung kepada keluarga korban.

"Rencana Selasa (20/4) aku ke Makassar. Ketemu dengan ahli waris untuk kita berikan santunan, karena meninggal akibat kerusuhan sosial. Jadi kita berikan santunan kepada keluarga guru tersebut, dan tukang ojek serta keluarga dari korban bom Makassar dan yang luka-luka," ungkap Risma.

"Jadi nanti Selasa insyaallah saya ke Makassar. Sekalian membawa bantuan kebutuhan," pungkas Risma.

(sun/bdh)