Surabaya Ingin Restorasi Bungker Tegalsari Rampung Sebelum Ulang Tahun

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 10:04 WIB
Pemkot Surabaya melakukan restorasi bungker Tegalsari. Bangunan itu akan dijadikan public space dan juga sentra PKL di sekitarnya.
Bungker Tegalsari, Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Pemkot Surabaya tengah merestorasi bungker Tegalsari yang merupakan cagar budaya. Proses restorasi diperkirakan rampung pada Mei mendatang.

Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan, proses restorasi dilakukan bertahap sejak tahun lalu.

"Itu bertahap mulai tahun lalu. Penyelesaiannya pelan-pelan. Target selesai sebelum HUT Kota Surabaya, Mei ke depan ini," kata Iman saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (17/4/2021).

Iman menambahkan, restorasi bungker Tegalsari dilakukan satgas dari DPRKP-CKTR Surabaya dengan dana sekitar Rp 200 juta per tahun. Atau totalnya Rp 400 juta.

"Tahun lalu Rp 200 juta, tahun ini Rp 200 juta lagi. Sekitar Rp 400 juta," ungkap Iman.

Lebih lanjut Iman menyampaikan, bunker Tegalsari direstorasi sesuai dengan bentuk aslinya. Sesuai dengan statusnya sebagai bangunan cagar budaya. Bangunan itu memiliki atap segi delapan dan di samping bangunan ada kanal yang masuk ke dalam tanah.

"Iya jadi itu masuk cagar budaya. Satu kesatuan dengan Polsek Tegalsari," ungkap Iman.

Iman menjelaskan, Bunker Tegalsari dengan luas bangunan sekitar 200 meter persegi baru restorasi, karena sebelumnya difungsikan untuk kantor Satgas PU Bina Marga. Untuk menyimpan peralatan siaga bencana.

"Jadi itu posisinya masih dipergunakan buat kantornya Satgas PU Bina Marga. Sama dipakai buat penyimpanan alat-alat siaga bencana. Sekarang mau difungsikan untuk yang lain," ujar Iman.

Rencananya, bunker Tegalsari akan difungsikan sebagai public space. Juga sentra UKMK dan tempat nongkrong di kawasan itu.

"Public space, rencananya ada sentra UMKM di situ sekalian ada co working space," pungkas Iman.

Tonton juga Video: Kisah Arca Joko Dolog yang Gagal ke Negeri Belanda

[Gambas:Video 20detik]




(sun/bdh)