PKB Jatim Siap Gabung Poros Islam, Usulkan Cak Imin Capres 2024

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 19:20 WIB
Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah
Anik Maslachah, Sekretaris DPW PKB Jatim (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Pertemuan petinggi PKS dan PPP memunculkan wacana poros partai Islam pada 2024. DPW PKB Jatim sepakat akan wacana tersebut.

"Sejalan dengan sikap DPP PKB, kami yang di Jatim akan satu garis lurus apapun yang diputuskan partai. Selama visi dan misinya sama dengan visi partai kami kenapa tidak," ujar Anik Maslachah, Sekretaris DPW PKB Jatim, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (15/4/2021).

Anik menilai, koalisi poros islam atau poros tengah bisa menjadi alternatif di masyarakat. Pasalnya, program yang ditawarkan partai islam khususnya ia menyebut PKB, sejalan dengan keinginan masyarakat.

"Senyampang, sesuai visi misi partai kita akan membawa kesejahteraan lebih cepat, mengapa tidak? Prinsip PKB, sejahtera, adil merata tanpa memandang suku ras agama. Selama ke arah sana kenapa tidak?," ungkapnya.

Menurut Wakil Ketua DPRD Jatim ini, wacana poros islam bisa saja berujung pada koalisi di Pilpres 2024 mendatang. Bila PKB bergabung dengan poros partai islam, DPW mengusulkan Ketua Umum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Capres.

"Kita ini butuh pembenahan, apa PKB ikut tidak. Jatim akan sejalan lurus dengan DPP. Dari hasil survei pemilih milenial yang religius, adalah PKB tertinggi. Dan kita usulkan Gus Ami (Cak Imin) sebagai Capres, semua, 34 DPW PKB sepakat usulkan itu," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sebelumnya bertemu. PKS dan PPP membuka peluang membentuk poros partai Islam pada Pemilu 2024.

PKB menyambut baik hal ini dan berharap poros partai Islam tak hanya berhenti sebagai wacana.

"Kami menyambut baik wacana itu untuk membangun poros kekuatan demokrasi dengan menawarkan ide program keumatan yang segar dan tidak berhenti pada sebatas wacana," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

(fat/fat)