Melihat Suasana Ramadhan di Kampung Miliarder Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 18:08 WIB
Kampung Miliader di Tuban menjadi perhatian dalam beberapa waktu terakhir. Lalu, seperti apa suasana Ramadhan di kampung tersebut.
Kampung Miliarder di Tuban/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Tuban -

Kampung Miliarder di Tuban menjadi perhatian dalam beberapa waktu terakhir. Lalu, seperti apa suasana Ramadhan di kampung tersebut?

Kampung Miliarder tersebut berada di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu. Menurut kades setempat, Gianto, tidak ada suasana mencolok di Bulan Ramadhan.

"Tidak ada yang berbeda ya saat Ramadhan kali ini, meski mereka pada punya uang," ujar Gianto kepada detikcom, Kamis (15/4/2021).

Kampung Miliader di Tuban menjadi perhatian dalam beberapa waktu terakhir. Lalu, seperti apa suasana Ramadhan di kampung tersebut.Potret sebuah rumah di Kampung Miliader di Tuban/ Foto: Ainur Rofiq/detikcom

Jalan-jalan kampung juga tampak sepi. Terutama saat siang hari ketika panas matahari sedang terik-teriknya.

Yang tampak hanya rumah-rumah warga dengan mobil terparkir di depannya. Ada juga tumpukan jerami dan hewan ternak di samping rumah warga.

Menurut Gianto, tak ada istilah ngabuburit di Kampung Miliarder. Meski banyak warga yang sudah menjadi miliarder, mereka tetap sibuk dengan aktivitas di sawah dan ladang.

"Ah nggak ada ya kalau selama ini ngabuburit. Paling hanya anak-anak muda itu. Jalan-jalan sambil nunggu azan magrib. Kalau yang tua mereka sudah capek dan sibuk ngurus ladang sawah dan sapinya," imbuhnya.

Sementara agar bisa Lebaran dengan suasana rumah baru, tak sedikit warga Kampung Miliarder yang mengebut membangun dan merenovasi rumah. Tampak banyak tukang sedang bekerja.

Beberapa waktu lalu, Desa Sumurgeneng disebut sebagai Kampung Miliarder. Sebab, banyak warganya yang mendapat uang ganti rugi lahan hingga miliaran Rupiah. Lahan tersebut dibeli Pertamina untuk kilang minyak.

Banyak warga yang akhirnya memborong mobil dan membeli lahan di tempat lain. Banyak juga yang memilih merenovasi atau membangun rumah.

Simak video 'Sering Didatangi Pengemis-Sales, Warga Kampung Miliarder Tuban Tutup Pintu':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)