Kota Malang Akan Gelar Sekolah Tatap Muka 19 April 2021

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 15:02 WIB
sekolah tatap muka di malang
Foto: Istimewa
Malang -

Pemkot Malang memberikan sinyal digelarnya sekolah tatap muka. Pelaksanaannya akan dimulai 19 April 2021 mendatang.

Lampu hijau sekolah tatap muka seiring dengan diterbitkanya Surat Edaran (SE) Wali Kota Malang Nomor 15 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana menuturkan sekolah tatap muka akan berlaku untuk jenjang pendidikan usia dini, SD, SMP di Kota Malang.

"PTMT kami laksanakan serentak pada tanggal 19 April 2021, sesuai dengan Surat Edaran Walikota Malang Nomor 15 Tahun 2021," ujar Suwarjana kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Mulai hari ini, lanjut Suwarjana, sudah ada sekolah dasar yang menggelar simulasi sekolah tatap muka, khususnya bagi pelajar kelas 6.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang sendiri telah meminta lembaga pendidikan menyosialisasikan dimulainya sekolah tatap muka kepada orang tua.

"Sekolah rata-rata sudah siap baik SD dan SMP. Tergantung orang tua mengizinkan atau tidak. Orang tua telah mengisi angket terkait persetujuan," bebernya.

Suwarjana menuturkan para wali murid antusias dengan keluarnya SE terkait sekolah tatap muka itu. Para guru juga memang menghendaki sekolah tatap muka segera dimulai.

Sekolah tatap muka pada tanggal 19 april nanti bagian dari uji coba. Harapan kami semoga bisa lanjut terus. Uji coba sekitar dua mingguan," pungkasnya.

Dalam SE Wali Kota Malang Nomor 15 Tahun 2021 mengatur ketat protokol kesehatan selama sekolah tatap muka digelar.

Pelajar yang mengikuti pembelajaran dibatasi sebanyak 50 persen, sisanya tetap melaksanakan sekolah jarak jauh, jaga jarak juga diberlakukan yakni 1,5 meter.

Untuk jumlah hari dan jam pembelajaran ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan.

(iwd/iwd)