Jumlah Kasus Penularan Kembali Tinggi, Sekolah Tatap Muka Kembali Ditunda

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 16:20 WIB
Jumlah Kasus Penularan Kembali Tinggi, Sekolah Ditunda Lagi
Belajar tatap muka di Banyuwangi ditunda (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Belajar tatap muka di Banyuwangi belum bisa dilakukan. Hal ini seiring dengan meningkatnya kasus penularan COVID-19 di Banyuwangi. Terdata, sebanyak 66 penambahan kasus terjadi Minggu (10/1/2021).

Jubir Satgas COVID-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, terkait belajar tatap muka yang seharusnya dimulai pihaknya masih menunggu beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya, surat keterangan kesediaan wali murid, kesiapan protokol kesehatan sekolah yang ditetapkan oleh satgas wilayah dan surat persetujuan dari Bupati.

"Dua syarat awal rata-rata sudah dimiliki semua sekolah di Banyuwangi," ujarnya kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Namun, satu syarat yaitu surat persetujuan atau izin dari bupati belum juga ditanda tangani hingga kemarin. Rio mengatakan, hal itu terjadi karena kasus penularan dan kematian masih cukup tinggi. Sehingga Banyuwangi belum bisa dikatakan aman pada saat ini.

"Yang dilakukan teman teman (validasi sekolah) hanya langkah persiapan saja. Jadi sewaktu-waktu sekolah dibuka, kita siap. Tapi sementara belum ada keputusan," tambahnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno menambahkan, ada instruksi dari Kemendagri yang menyatakan bahwa gubernur bisa mengevaluasi lagi kota atau kabupaten selain yang sudah ditetapkan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selanjutnya
Halaman
1 2