Celengan Ramadhan, Cara Polisi Beramal Setiap Hari di Bulan Suci

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 18:14 WIB
Celengan Ramadhan Polisi Kota Kediri Bantu Sesama
Celengan Ramadhan, wadah amal polisi di Kediri di bulan suci Ramadhan (Foto: Andhika Dwi)
Kediri -

Polisi di Kota Kediri punya cara sendiri beramal setiap hari di bulan suci ini. Amal itu dilakukan dengan celengan Ramadhan.

Celengan Ramadhan adalah sebuah gerakan setiap hari mengumpulkan uang masing-masing anggota Polres Kediri Kota dalam sebuah wadah celengan. Bila sudah terkumpul, hasilnya untuk disumbangkan keperluan takjil buka puasa.

Uang yang terkumpul dari celengan Ramadan ini disumbangkan kepada warga yang membutuhkan dan berbagi takjil di masjid atau musala.

Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo mengatakan celengan Ramadhan ini merupakan salah satu cara Polres Kediri Kota untuk berbagi dengan sesama. Setiap hari setelah apel pagi, celengan Ramadan ini diputar ke seluruh anggota.

Besarnya infak yang diberikan sesuai dengan keikhlasan dan kemampuan para anggota. Tidak ada patokan nominal bagi anggota yang ingin berbagi dengan sesama. Seluruh uang yang terkumpul akan disumbangkan kepada warga yang tidak mampu.

"Seluruh uang yang terkumpul ini kita sumbangkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan selama bulan suci Ramadhan," ujar Eko, Rabu (14/4/2021).

Eko berharap dengan kegiatan ini bisa membantu warga lain yang membutuhkan. Khususnya bagi mereka yang terdampak COVID-19. Selain itu, melalui program ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa simpati dan peduli anggota dengan saudara yang membutuhkan.

"Harapannya kita bisa membantu saudara-saudara kita. Selain itu juga untuk meningkatkan rasa peduli anggota dengan sesama," pungkas Eko.

(iwd/iwd)