Urban Legend 2021

Ada Legenda Kerajaan Kera di Balik Kolam Renang Pacitan yang Angker

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 09:47 WIB
Kolam renang di lingkungan Tamperan, Kelurahan Sudiharjo, Pacitan, dipercaya menyimpan selaksa cerita horor
Kolam renang di Pacitan yang angker (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Sebuah kolam renang di Lingkungan Tamperan, Kelurahan Sidoharjo ditutup sejak puluhan tahun silam. Tempat yang berada tak jauh dari Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Tamperan itu dikenal angker. Warga pun mengaitkannya dengan legenda kerajaan kera.

"Jadi di tempat tersebut katanya dulu ada kerajaan kera (gaib)," kata tokoh masyarakat setempat, Ki Pitoyo berbincang dengan detikcom, Selasa (13/4/2021).

Konon kolam renang tersebut dibangun tahun 1950-an. Fasilitas olah raga tersebut dibuat untuk menggantikan bangunan gudang gaplek yang sudah ada sejak zaman Belanda. Sejak pertama kali difungsikan, lanjut Ki Pitoyo, peristiwa pengunjung tenggelam kerap terjadi.

"Seperti halnya manusia, mungkin juga pemilik kerajaan (kera) itu merasa terusik atau terganggu dengan pembangunan kolam," ucap Pitoyo mengutip cerita sesepuh masyarakat setempat yang sudah meninggal dunia.

Ki Pitoyo menuturkan, beberapa tahun lalu dirinya pernah mendampingi kru televisi syuting di lokasi kolam. Kala itu pengambilan gambar juga melibatkan paranormal. Usai take si paranormal membuat sketsa lukisan berbentuk raja kera.

Lihat juga Video: Kisah Mistis Dibalik Lukisan Oei Hui Lan, di Sudut Restoran Melati, Malang

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2