Puting Beliung Meliuk-liuk di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 16:26 WIB
Warga Jombang mengabadikan angin puting beliung yang muncul di atas permukiman penduduk. Meski tidak mengakibatkan kerusakan, peristiwa itu sempat membuat warga ketakutan.
Puting beliung di Jombang/Foto: Tangkapan Layar
Jombang - Warga Jombang mengabadikan angin puting beliung yang muncul di atas permukiman penduduk. Meski tidak mengakibatkan kerusakan, peristiwa itu sempat membuat warga ketakutan.

Puting beliung muncul di Dusun Kedungpapar, Desa Sumberagung, Kecamatan Peterongan sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam video yang direkam warga setempat menggunakan kamera ponsel, tampak angin berputar-putar di atas kampung tersebut.

"Anginnya kelihatan hitam berputar ke atas, kemudian berjalan dari barat ke timur. Berlangsung sekitar 5 menit," kata seorang warga, Wiyono (64) kepada wartawan di lokasi, Kamis (8/4/2021).

Puting beliung muncul saat gerimis di Dusun Kedungpapar. Beruntung puting beliung tidak sampai menerjang permukiman penduduk. Hanya saja, kemunculan angin tersebut sempat membuat warga ketakutan.

"Tidak ada rumah yang kena. Warga banyak yang keluar rumah karena takut diterjang angin," ungkap Wiyono.

Kepala Dusun Kedungpapar Weni Susanti membenarkan puting beliung terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Dia juga menyaksikan penampakan fenomena alam tersebut.

"Anginnya sebentar, sekitar 5 menit kemudian hilang. Saya lihat di atas permukiman penduduk, tidak ada kerusakan," terangnya.

Supervisor Pusdalops BPBD Jombang Stevie Maria menjelaskan, fenomena yang diabadikan warga Dusun Kedungpapar merupakan puting beliung. Menurut dia, angin berputar-putar itu terjadi karena perbedaan suhu yang signifikan antara wilayah satu dengan wilayah lainnya.

"Sehingga terjadi pertukaran udara yang sangat cepat," pungkasnya. (sun/bdh)