Pemkot Pasuruan Bentuk Laskar Sapu Bersih Sampah

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 15:01 WIB
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) me-launching Laskar Sapu Bersih (LSB). Laskar yang beranggotakan ratusan orang ini bertugas menjaga kebersihan kota selama 24 jam.
Gus Ipul mengecat pohon (kiri)/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) me-launching Laskar Sapu Bersih (LSB). Laskar yang beranggotakan ratusan orang ini bertugas menjaga kebersihan kota selama 24 jam.

Menurut Gus Ipul, sejak dulu petugas kebersihan sudah ada tapi belum maksimal. Ia ingin petugas kebersihan lebih terorganisir.

"Langkah ini salah satu upaya untuk mewujudkan visi misi membawa Kota Pasuruan menjadi indah kotanya. Salah satu instrumennya ya membawa Pasuruan bersih. Makanya, kami bentuk LSB ini, mudah-mudahan ini bisa menjaga kebersihan Kota Pasuruan," kata Gus Ipul usai menanam pohon di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Kamis (8/4/2021).

Menurut Gus Ipul, LSB adalah pasukan khusus yang disiapkan untuk membuat Kota Pasuruan tetap bersih, indah dan nyaman. Beranggotakan 229 orang, LSB akan stand by mulai pagi sampai malam menjaga kebersihan. Mereka akan dibagi per shift, pagi, siang dan malam.

"Pagi ada yang gerak 90 orang itu habis shubuh. Setelah itu, ada 20 orang yang jaga pagi sampai siang. Siang sampai sore sekitar 90 orang, dan sisanya itu malam," paparnya.

Gus Ipul menyampaikan, petugas LSB stand by di jalan protokol. Mereka akan memastikan tak ada lagi sampah berserakan di kota.

"Sistem kerjanya mobile atau berkeliling. Ada sampah, langsung disapu dan dibersihkan agar lingkungan tetap terjaga, dan bersih," ungkapnya.

Selain menyiapkan LSB, Gus Ipul juga mengajak masyarakat ikut berperan menjaga kebersihan. Masyarakat harus memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan kota.

"Untuk masalah sampah dan kebersihan ini bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan semata, tapi tanggung jawab semuanya. Kami ajak masyarakat menerapkan 'Lisabunga', lihat sampah, ambil, buang pada tempatnya," jelas Gus Ipul. (sun/bdh)