Pemkot Pasuruan Setop Izin Minimarket Baru

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 17:41 WIB
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) akan menghentikan pemberian izin minimarket baru. Langkah itu diambil demi menjaga eksistensi UMKM.
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) akan menghentikan pemberian izin minimarket baru. Langkah itu diambil demi menjaga eksistensi UMKM.

"Saya akan setop izin pendirian minimarket baru. Yang sudah berdiri dibiarkan saja berdiri," kata Gus Ipul saat membuka acara program pendidikan dan latihan perkoperasian di sebuah rumah makan di Kota Pasuruan, Selasa (6/4/2021).

Dia menjelaskan, sekarang sudah ada 50 lebih minimarket di Kota Pasuruan. Jumlah itu, kata dia, sudah cukup.

"Berdasarkan hasil survei, satu minimarket ini akan mematikan 10-20 toko rakyat, UMKM di sekitar minimarket. Jika ini dibiarkan, maka semakin lama toko rakyat, UMKM akan mati. Ini perlu diubah," jelasnya.

Gus Ipul mendorong minimarket yang sudah ada menjalin kemitraan dan kerja sama dengan UMKM, koperasi, toko rakyat. Sehingga bisa tumbuh dan berkembang bersama.

"Minimarket diharapkan bisa membina dan mendampingi UMKM, toko rakyat ataupun koperasi. Mulai memberi pendidikan, pelatihan hingga pemasokan barang," tambahnya.

Pemkot, kata Gus Ipul, segera mengkoordinasikan hal tersebut dengan pihak minimarket. Sehingga kerja sama bisa terjalin.

"Sesuai visi misi kami, saya dan Mas Adi Wibowo akan terus berusaha memajukan ekonomi masyarakat Kota Pasuruan dari segala sisi," tutupnya. (sun/bdh)