BMKG Maritim Sebut Ada Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 11:19 WIB
Deburan ombak besar terjadi di pesisir Kenjeran Surabaya hingga dini hari tadi. Banyak nelayan yang tak berani melaut karena takut ada ombak besar susulan.
Perahu di pesisir Kenjeran Surabaya/Foto: Esti Widiyana
Surabaya - Badai Siklon Tropis Seroja (985 hPa) di perairan selatan Pulau Sumba berpotensi memunculkan gelombang tinggi di perairan Jatim. BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengimbau masyarakat di pesisir senantiasa waspada.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Prasetyo Umar secara tertulis menyebut, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari barat laut hingga timur laut, dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin umumnya bergerak dari barat daya hingga barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai 45 knot.

Prasetyo menambahkan, kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Pulau Jawa hingga Sumba, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT dan perairan Jayapura.

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," kata Prasetyo di Surabaya, Rabu (7/4/2021).

Di kesempatan yang sama, Prasetyo mengimbau seluruh masyarakat di pesisir hingga nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena, keberadaan awan cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang.

"Saran keselamatan mohon diperhatikan risiko terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter), kapal fiber (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2 meter), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter)," paparnya.

Sementara itu, tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di:

1. Perairan Kalteng bagian timur perairan Tuban-Lamongan
2. Laut Jawa bagian utara Bawean perairan Gresik-Surabaya
3. Laut Jawa bagian selatan Bawean perairan utara Madura
4. Laut Jawa sebelah barat Masalembo perairan Kepulauan Sapudi
5. Laut Jawa sebelah timur Masalembo perairan Kepulauan Kangen

Sedangkan tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi di:

1. Perairan selatan Jatim
2. Samudra Hindia selatan Jatim

Simak Video "BMKG: Siklon Seroja Dikhawatirkan Picu Gelombang Mirip Tsunami"

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)