Napi Lapas Ngawi Sembunyikan Penggaris untuk Ukur Alat Vital

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 19:14 WIB
Petugas gabungan menggelar razia terhadap warga binaan di Lapas Ngawi. Sejumlah benda yang dinilai berbahaya ditemukan.
Sejumlah benda yang dinilai berbahaya ditemukan saat razia/Foto: Istimewa
Ngawi - Petugas gabungan menggelar razia terhadap warga binaan di Lapas Ngawi. Sejumlah benda yang dinilai berbahaya ditemukan.

Berbagai benda yang ditemukan di antaranya korek api gas dan penggaris logam. Berdasarkan pengakuan napi, penggaris yang disembunyikan itu untuk mengukur alat vital.

"Jadi kita melakukan razia menemukan benda berbahaya disembunyikan napi. Di antaranya korek api gas dan penggaris yang pengakuan humornya untuk mengukur alat vitalnya," ujar Kasi Administrasi dan Keamanan Ketertiban Lapas Ngawi, Darianto saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (6/4/2021).

Darianto mengatakan, ada puluhan korek api gas yang ditemukan petugas gabungan. Selain dari Satuan Operasional Kepatuhan Internal Lapas Ngawi, razia juga melibatkan Polres Ngawi serta tim Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

"Korek gas ada puluhan, juga ada kunci pas serta puluhan piring kita amankan. Karena bahaya bisa disalahgunakan jadi benda tajam," papar Darianto.

Ia menambahkan, razia dilakukan di seluruh blok. Baik blok pria dan wanita. Total blok di Lapas Ngawi ada lima. Tidak ditemukan narkoba dalam razia itu.

"Dari lima blok terdiri empat blok pria dan satu blok wanita. Kita razia semua dan alhamdulillah tidak ada temuan narkoba," ungkapnya.

Darianto melanjutkan, saat ini jumlah penghuni Lapas Klas II Ngawi ada 425, terdiri dari napi dan tahanan. Dengan rincian, jumlah tahanan 97 dan narapidana 327. (sun/bdh)