Kata Kepala Terminal Bungurasih soal Isu Lebaran Bakal Tutup

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 13:57 WIB
Ada isu Terminal Purabaya atau Terminal Bungurasih akan ditutup saat Lebaran nanti. Pihak terminal menyebut itu hoaks karena tidak ada surat edaran resmi mengenai hal itu.
Penumpang di Terminal Purabaya Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Sidoarjo -

Ada isu Terminal Purabaya atau Terminal Bungurasih akan ditutup saat Lebaran nanti. Pihak terminal menyebut itu hoaks karena tidak ada surat edaran resmi mengenai hal itu.

"Kalau informasi penutupan (terminal ) itu kebijakan pimpinan. Kita kalau sesuai aturan ya kita jalan. Kalau ndak ada ya ndak ada. Hari ini belum ada, itu kebijakan pimpinan, terutama aturan-aturan atau surat-surat dari pemerintah kota atau dari pusat. Sementara itu belum ada untuk penutupan," kata Kepala Terminal Purabaya, Imam Hidayat kepada detikcom, Senin (5/4/2021).

"Tapi wacana informasi yang hoaks itu tidak masuk akal, selama belum ada aturan-aturan yang mengenai terminal itu sendiri," imbuhnya.

Imam mengakui sempat mendapat pertanyakan soal isu Terminal Bungurasih akan ditutup saat lebaran. Pertanyaan itu datang dari beberapa PO Bus yang ada di terminal.

"Iya sempat dipertanyakan terminal tutup. Tidak ada terminal tutup selama kita belum ada aturan surat edaran. Masih tetap buka, soalnya ini menyangkut masalah ekonomi, kasihan kalau tutup, terutama untuk daerah," terang Imam.

Sementara salah seorang pengurus Bus AKAS jurusan Surabaya-Madura, Iskak mengatakan, ada 15 bus yang beroperasi setiap hari di Terminal Bungurasih. Ia mengakui soal penurunan penumpang dan penundaan keberangkatan.

"Waduh kadang kita parkir sekitar 1,5 jam, penumpang itu hanya 10 orang. Kalau normal itu insyaallah ada 30. Itu normal sebelum ada pandemi itu," ungkap Iskak.

Simak juga video 'Kemenhub: Meski Dilarang, Masih Ada 11% Masyarakat Bersikeras Buat Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2