Urban Legend 2021

Legenda Golan Mirah Sebabkan Warga Dua Desa di Ponorogo Tak Bisa di Satu Tempat

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 10:16 WIB
Legenda Golan Mirah Tersohor di Ponorogo
Lokasi makam Setono Wungu (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Legenda Golan Mirah di Ponorogo bak kisah Romeo Juliet berawal dari kisah percintaan Joko Lancur dan Siti Amirah. Hingga kini legenda itu masih dipercaya masyarakat dua desa, baik di Desa Golan maupun Desa Mirah. Bila secara tak sengaja ada dua warga yang berasal dari masing-masing desa tersebut, keduanya harus segera dipisahkan.

Penggiat seni dan sejarah, Sudirman membenarkan hal itu. Bahkan dirinya pernah beberapa kali menemui cerita soal legenda Golan Mirah. Percaya atau tidak percaya, tetap saja legenda itu tetap ada hingga kini.

Seperti air sungai pertemuan antara Desa Golan dan Mirah pun tidak bisa bersatu. Bagaikan air dan minyak.

"Air pertemuan dua sungai itu sampai sekarang tidak bisa menyatu, seperti ada minyak dan air" ujar Dirman saat berbincang kepada detikcom, Senin (5/4/2021).

Selain sungai, jelas Dirman, kebetulan istrinya berasal dari Desa Golan, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. Dia membantu masak di rumah kakak sepupu, namun ternyata masakan itu tidak matang-matang. Padahal gas dan api yang keluar tidak ada gangguan.

"Ternyata ada tamu yang berasal dari Mirah, masakan tadi tidak matang. Padahal sudah banyak tamu yang datang, akhirnya tamu tadi setelah selesai dipersilahkan kembali. Selepas tamu itu pergi kemudian masakan di dapur pun bisa matang dan disajikan ke tamu undangan," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2