Saat Gowes di Lamongan, Gubernur Jatim Kagum Sama IKM Shuttlecock

Eko Sudjarwo - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 11:59 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kagum dengan salah satu IKM di Lamongan. Yaitu UMKM shuttlecock.
Khofifah saat meninjau proses pembuatan shuttlecock di salah satu IKM di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kagum dengan salah satu IKM di Lamongan. Yaitu UMKM shuttlecock.

Pasalnya, Industri Kecil Menengah (IKM) di Lamongan ini telah mampu menelurkan 2 brand yang sudah merajai pasar shuttlecock nasional.

Kekaguman Khofifah diungkapkan usai meninjau proses pembuatan shuttlecock di salah satu IKM di Lamongan, yaitu UD Mixmax, yang berlokasi Desa Sidomukti, Kecamatan Lamongan.

"Lamongan ini luar biasa karena saya pernah melihat industri semacam ini yang berbasis wilayah dan dikerjakan oleh hampir orang satu desa tapi tidak punya merek. Lamongan luar biasa karena satu produk punya 2 brand, yaitu Mixmax dan LA Cock. Ini adalah hal yang luar biasa," kata Khofifah usai melihat proses produksi shuttlecock milik Edi Suryanto di Desa Sidomukti, Minggu (4/4/2021).

Selain kagum dengan IKM shuttlecock, Khofifah juga mendengar kendala-kendala yang dialami yaitu persoalan kontinder. Kendala-kendala seperti kontinder ini, menurut Khofifah, dialami di seluruh Asia yang terjadi karena proses transportasi barang yang memang belum pulih kembali seperti sebelum pandemi.

"Hal ini akan terus kami komunikasikan dengan seluruh stakeholder di Jakarta, supaya ketersediaan kontinder bisa memungkinkan untuk arus barang masuk dan barang keluar karena proses pemulihan ekonomi ini harus dilakukan bersama," ujar Gubernur Khofifah.

Khofifah berharap agar industri kecil shuttlecock di Lamongan ini akan terus terjaga dan semakin maju. Untuk itu, Khofifah memohon Bupati Lamongan untuk terus memberikan pendampingan dan penguatan terhadap industri kecil dan menengah semacam ini.

"Saya mendukung industri kecil dan menengah semacam ini yang luar biasa dan saya mohon Bupati Lamongan untuk terus memberikan pendampingan dan penguatan terhadap industri shuttlecock ini agar semakin maju dan meluas," jelas Khofifah.

Selanjutnya
Halaman
1 2