Polisi Pastikan Benda Mencurigakan di Terminal Madiun Bukan Rangkaian Bom

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 01:22 WIB
Tim Jibom Polda Jawa Timur mengamankan benda mencurigakan di Terminal Purbaya Kota Madiun. Benda berupa karton ditemukan pedagang asongan di atas kursi tunggu penumpang.
Benda mencurigakan di Terminal Purbaya Madiun diamankan (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun -

Benda mencurigakan ditemukan di Terminal Purbaya Kota Madiun. Benda mencurigakan di terminal berupa karton yang diberi tali rafia hitam itu bukan rangkaian bahan peledak.

Tim Jibom Polda Jawa Timur telah mengamankan karton mencurigakan tersebut. Polisi memastikan benda tersebut bukan rangkaian bahan peledak.

"Tidak berbahaya, bukan rangkaian dari bom, info dari Tim Jibom," ujar Kapolresta Madiun AKBP I Dewa Putu Eka, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Untuk memastikan tidak ada bahan peledak dalam karton berukuran 20 x 25 cm tersebut, kata dia, telah dilakukan pengecekan dengan x-ray. Pemeriksaan dilakukan sekitar 45 menit.

Tim Jibom Polda Jawa Timur mengamankan benda mencurigakan di Terminal Purbaya Kota Madiun. Benda berupa karton ditemukan pedagang asongan di atas kursi tunggu penumpang.Tim Jibom Polda Jawa Timur mengamankan benda mencurigakan/ Foto: Sugeng Harianto

"Kurang lebih 45 menit tim jibom pakai x-ray untuk mendeteksi dan diyakini oleh operator tidak ada bom. Jadi diyakini oleh petugas tidak ada rangkaian logam kabel,"kata Eka.

Eka mengatakan, saat ini benda yang sempat membuat pengunjung Terminal Purbaya panik telah diamankan. Benda tersebut akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Barang bukti karton sekarang dibawa (Jibom) untuk pemeriksaan, sudah aman tidak membahayakan," tandasnya.

Sebelumnya, pedagang asongan melihat barang bawaan penumpang tertinggal sejak pukul 14.00 WIB. Karena hingga pukul 18.00 WIB tidak terlihat ada pemiliknya, benda tersebut dilaporkan petugas terminal dan Polresta Madiun.

(fat/fat)