Seorang Petani Mojokerto Ditemukan Tewas di Atas Pohon Lamtoro

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 20:40 WIB
Seorang Petani di Mojokerto Ditemukan Tewas di Atas Pohon Lamtoro
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Seorang petani ditemukan warga tewas di atas pohon lamtoro (Pete). Korban tersengat listrik saat mencari rambanan untuk pakan kambing.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo mengatakan, petani tersebut adalah Paisan (55), warga Dusun Durung, Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo. Selain bertani, Paisan juga memelihara kambing.

Sehingga mencari rambanan menjadi rutinitas hariannya. Seperti siang tadi, Paisan memangkas dedaunan lamtoro di tepi jalan Dusun Durung menggunakan sabit.

Namun sekitar pukul 14.00 WIB, Seger (56), warga Dusun Tumpangsari, Desa Jiyu menemukan korban sudah tidak bernyawa. Paisan tewas kesetrum di atas pohon Lamtoro yang dipanjatnya. Tubuhnya terlentang di atas dahan sekitar 7 meter dari permukaan tanah.

"Saksi (Seger) pas lewat di TKP melihat ada beberapa potongan ranting lamtoro di pinggir jalan. Selanjutnya, dia melihat korban di atas pohon hanya diam saja sehingga saksi meminta pertolongan warga," kata Andaru kepada detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Warga pun melaporkan tewasnya Paisan ke perangkat Desa Jiyu. Anggota Polsek Kutorejo datang ke lokasi untuk melakukan olah TKP, meminta keterangan para saksi dan mengevakuasi tubuh korban dari atas pohon lamtoro.

"Korban meninggal dunia karena tersengat listrik saat memotong pohon lamtoro," terang Andaru.

Setelah diturunkan dari atas pohon, jasad Paisan dibawa ke RS Sumberglagah, Pacet untuk divisum. Hasilnya, terdapat luka bakar pada dada kiri dan pergelangan tangan kanan korban.

Andaru menjelaskan, pohon lamtoro yang dipanjat Paisan cukup dekat dengan kabel listrik PLN. Tubuh korban menyentuh kabel listrik tegangan tinggi tersebut saat sibuk memangkas ranting.

"Hasil visum tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Pihak keluarga menolak autopsi dan menerima kejadian tersebut sebagai musibah," tandasnya.

(fat/fat)