Kawah Ijen Bisa Kembali Dinikmati Wisman di Indonesia Mulai Besok

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 22:42 WIB
Wisatawan mancanegara (wisman) bisa kembali menikmati keindahan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Sebelumnya, gunung dengan pemandangan kawah hijau tosca itu ditutup untuk wisman sejak awal pandemi COVID-19.
Kawah Ijen Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Wisatawan mancanegara (wisman) bisa kembali menikmati keindahan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Sebelumnya, gunung dengan pemandangan kawah hijau tosca itu ditutup untuk wisman sejak awal pandemi COVID-19.

Pembukaan bakal dilakukan pada Sabtu (3/4/2021). Pembukaan mengacu pada surat edaran yang dikeluarkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, SE.475/K2/BIDTEK.1/KSA/3/2021 tentang pembukaan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen pada kondisi new normal untuk wisatawan mancanegara.

"Memang benar, TWA Kawah Ijen akan dibuka untuk wisatawan mancanegara pada besok tanggal 3 April 2021," kata Purwantono, Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi kepada detikcom, Jumat (2/4/2021).

Sebelumnya, penutupan kunjungan wisatawan asing ini dilakukan saat pandemi COVID-19. TWA Kawah Ijen dibuka pada Sabtu 11 Juli 2020, namun hanya untuk wisatawan domestik.

Wisatawan asing yang datang adalah turis mancanegara yang berada di Indonesia, bukan dari wisman yang datang langsung dari luar negeri saat pandemi ini.

"Persiapan yang dilakukan, dari pihak Balai Besar sudah memberikan edaran. Balai Besar Sidoarjo juga sudah membuka akses tiket secara online untuk wisatawan asing," tambahnya.

Sebagai awalan, kata Purwantono, pihaknya melakukan bersih-bersih kawasan. Termasuk penyiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan.

"Pagi tadi kita gelar Ijen Rijik. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan penutupan tempat wisata dan melakukan bersih-bersih pada awal bulan di hari Jumat," pungkasnya.

Ditambahkan oleh Kepala Pos TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo, untuk tiket wisatawan mancanegara yang datang ke TWA Kawah Ijen masih sama dengan tiket sebelum penutupan.

"Sama di hari biasa Rp 100 ribu dan weekend dan hari libur Rp 150 ribu per orang," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2