Ini Peserta Termuda Lolos SNMPTN Unair, Usianya Baru 15 Tahun

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 18:27 WIB
Hasna Azizah
Hasna Azizah (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Saat pengumuman kelolosan SNMPTN 2021, terdapat 1.374 siswa yang berhasil masuk di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Empat di antaranya masih berusia di bawah 16 tahun, salah satunya adalah Hasna Azizah.

Hasna berusia 15 tahun 6 bulan saat lolos SNMPTN. Dia diterima di Fakultas Hukum (FH) Unair. Kecerdasan Hasna sudah terlihat saat ia menuntaskan SMP hanya dalam waktu dua tahun. SMA juga ia tuntaskan dalam waktu dua tahun.

"Kalo TK dan SD aku umur masuknya sama aja kayak yang lainnya. Di SMP dan SMA itu pakai sistem SKS, jadi bisa cepat selesai, bisa dua tahun," cerita Hasna kepada wartawan, Rabu (31/3/2021).

Karena kecerdasannya, Hasna dinobatkan sebagai mahasiswa termuda FH Unair. Namun di balik capaiannya, terdapat berbagai usaha keras yang Hasna lalui dan lakukan.

Selama sekolah, Hasna tinggal di asrama dengan kegiatan yang cukup padat. Pagi hari ia sudah harus mengikuti kegiatan asrama, seperti salat subuh berjemaah, tilawah, lalu pergi ke sekolah.

"KBM dimulai jam 07.30 sampai Ashar. Terus ada kegiatan asrama sampai jam 21.00. Setelah itu baru beristirahat," kata alumnus SMA International Islamic High School (IIHS) itu.

Selain itu, beberapa bulan terakhir Hasna mengikuti sejumlah bimbingan belajar mulai pukul 16.30-20.00 WIB.

"Biar cepat paham aku memahami materi dari pada menghapal. Dan setiap dua minggu sekali aku ikut try out untuk mengetes sampai mana kemampuan aku," jelas peraih Juara IV Lomba Menulis Puisi Tingkat SMA se-Banten dan DKI Jakarta 2020 itu.

Siswa kelahiran Jakarta, 23 September 2005 ini memiliki target, yakni secepatnya menyelesaikan pendidikan. Hal itu diupayakannya bukan tanpa sebab. Hasna ingin membanggakan orang tua dan menjadi sosok inspiratif seperti saudara kandungnya.

"Aku memang ada target sekolah (kuliah) secepatnya. Apalagi kakak-kakakku masuk universitas yang bagus-bagus juga, itu jadi dorongan buat aku," ujar anak kelima dari tujuh bersaudara itu.

Baginya, belajar Ilmu Hukum merupakan salah satu cita-cita yang ia impikan. Hasna bersyukur kini mimpinya telah terwujud.

"Ilmu Hukum itu menurut aku keren banget dan prospek ilmunya kan banyak gitu. Waktu tahu lolos SNMPTN, aku seneng banget, terharu, dan nggak nyangka. Orang tua juga bangga," tutupnya.

(iwd/iwd)