Polisi Jatim Tidak Ingin Ada Teror Saat Perayaan Paskah

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 10:17 WIB
penjagaan gereja surabaya
Pengamanan gereja di Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Pasca-bom bunuh diri di Makassar, Polda Jatim meningkatkan keamanan di tempat ibadah, khususnya gereja menjelang paskah. Polisi akan memberi rasa aman kepada para jemaat saat perayaan paskah.

Selain memperkuat keamanan di gereja-gereja, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan pihaknya juga melakukan peningkatan patroli.

"Kami meningkatkan kegiatan patroli ke tempat-tempat ibadah," kata Gatot kepada detikcom di Surabaya, Rabu (31/3/2021).

"Sudah diinstruksikan oleh Bapak Kapolda Jatim untuk memperketat penjagaan. Kemudian menginformasikan kepada anggota untuk tetap waspada," imbuhnya.

Gatot menyebut ada dua daerah yang menjadi fokus utama di Jatim yaitu di Surabaya dan Malang. Selain itu, tiga gereja yang dulu pernah menjadi saksi serangan terorisme, juga ikut ditingkatkan keamanannya.

"Iya lebih ketat lagi, makanya itu yang diutamakan Malang Surabaya, tapi tempat lain juga sama. Tiap gereja mungkin ada masing-masing 10 anggota baik anggota terbuka maupun tertutup," lanjut Gatot.

Tak hanya di tempat ibadah, Gatot mengatakan pihaknya juga melakukan peningkatan penjagaan di mako. "Polda jatim juga meningkatkan pengamanan mako sesuai protap," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Gatot mengajak masyarakat untuk ikut menjaga situasi kondusif di wilayah masing-masing.

"Kami akan melibatkan semua elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi yang kondusif di Jawa Timur," pungkasnya.

Simak juga 'Densus Tangkap 49 Terduga Teroris di Jatim-Tangerang Sejak Februari':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)