Polisi Patroli Skala Besar Tingkatkan Kewaspadaan Gereja di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 21:03 WIB
penjagaan gereja surabaya
Polisi menggelar patroli skala besar menjaga gereja untuk meningkatkan kewaspadaan (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Puluhan personel Ditsamapta Polda Jatim melakukan patroli skala besar dengan mendatangi gereja-gereja di Surabaya. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan usai peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (28/3).

Puluhan personel ini dipimpin Kanit Turjawali Ditsamapta Polda Jatim Kompol Hakim. Para personel mendatangi Gereja Katedral Hati Kudus Yesus yang berada di Jalan Polisi Istimewa dan juga Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya.

"Melakukan patroli skala besar di gereja-gereja. Salah satunya di gereja katedral di Jalan Polisi istimewa. Intinya adalah kegiatan ini sudah sering kita lakukan di beberapa daerah, tidak hanya di gereja tapi di tempat-tempat vital," ujar Hakim kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Hakim mengatakan kegiatan tersebut saat ini lebih ditingkatkan agar memberikan rasa nyaman dan aman.

"Untuk saat ini kegiatan kepolisian kita tingkatkan, supaya Surabaya tetap terjaga, aman. Dan saya mengimbau kepada masyarakat supaya tidak usah panik, tidak usah takut, karena polisi selalu ada di mana-mana," lanjut Hakim.

Hakim menambahkan pihaknya bersama pengurus gereja terus meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan. Seperti sebelumnya yang dirasa sudah baik.

"Kalau kemarin sudah bagus, lebih ditingkatkan lagi, kita tambah lagi personelnya, kalau kemarin personelnya lima, kita tambah lagi beberapa personel yang bisa back up, kemudian untuk parkir sendiri akan ditempatkan khusus," lanjut Hakim.

Patroli Skala besar, kata Hakim, akan dilakukan secara rutin oleh Ditsamapta Polda Jatim, mulai pagi, siang dan malam.

Lihat juga Video: Kode 'Takjil' untuk Bahan Peledak Terduga Teroris

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)