Satu Dusun di Lumajang Sempat Terisolir Dampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 11:40 WIB
Banjir lahar hujan gunung Semeru menerjang sungai Leprak desa Sumber wuluh  kecamatan Candipuro Lumajang setelah kawasan gunung Semeru diguyur hujan.
Aliran sungai yang dilintasi banjir lahar hujan Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Banjir lahar hujan Gunung Semeru menerjang Sungai Leprak Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang. Itu terjadi setelah kawasan Gunung Semeru diguyur hujan.

Banjir lahar hujan ini terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, Selasa (30/3/2021). Derasnya banjir lahar membuat warga di Dusun Bondeli selatan Desa Sumber Wuluh di seberang Sungai Leprak terisolir. Lantaran tidak ada akses jembatan penyeberangan menuju dusun tersebut.

Di Dusun Bondeli selatan terdapat dua RT yakni RT 4 dan 5 dengan 67 Kepala Keluarga (KK).

"Ini banjir dari Semeru. Warga di Dusun Bondeli ada dua RT terdiri RT 4 terdiri 38 KK dan RT 5 ada 29 KK. Aktivitas warga jika banjir lahar hujan ini diam di rumah menunggu banjir surut." ujar Sekretaris Desa Sumber Wuluh, Samsul Arifin kepada detikcom.

Namun, kini mulai dilakukan pengerjaan pembangunan jembatan gantung. "Tapi alhamdulillah saat ini sudah dilakukan pembangunan jembatan gantung, mudah-mudahan cepat selesai," tegasnya.

Jika saat banjir lahar hujan warga memiliki keperluan mendesak, mereka terpaksa menyeberangi Sungai Leprak sepanjang 100 meter. Namun itu dilakukan saat banjir mulai sedikit surut.

"Kalau seperti ini ya tidak bisa menyeberang, tapi jika sudah agak kecil (Surut) airnya bisa (Menyeberang). Apalagi kalau ada keperluan mendesak ya menyeberang " ujar Wagiran, salah satu warga Desa Sumber Wuluh.

Selain Sungai Leprak, banjir lahar hujan Gunung Semeru juga mengalir ke sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS). Di antaranya Sungai Curah Kobokan dan Lengkong.

Lihat juga video 'Penampakan Banjir Lumpur yang Menghantam Sigi Sulteng':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)