Ibu RT di Pacitan Jadi Korban Hipnotis, Perhiasan Jutaan Rupiah Raib

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 22:19 WIB
A pocket watch swinging.
Foto: Istock
Pacitan -

Aksi penipuan bermodus hipnotis terjadi di Pacitan. Korbannya Sri Mulyani (52) warga Desa Menadi. Kejadian tersebut membuat beberapa perhiasan korban raib.

"Ya betul. Memang telah terjadi penipuan diduga bermodus hipnotis," kata Kasatreskrim Polres Pacitan AKP Juwair kepada detikcom, Minggu (28/4/2021) sore.

Informasi dihimpun kejadian bermula saat korban bersama tetangganya Ny Panji (56) menyapu di depan rumah. Saat itu sebuah mobil jenis hatchback berwarna putih berhenti lalu penumpangnya turun.

Si penumpang yang mengenakan kostum agamis tersebut menanyakan arah menuju Desa Sirnoboyo. Kepada korban pelaku mengaku jika dirinya bermaksud mengobati seseorang di desa tersebut.

Hingga di situ kedua ibu rumah tangga tak menaruh curiga. Mereka lantas menunjukkan arah menuju alamat dimaksud. Selanjutnya Ny Panji bergeser ke rumah untuk melakukan kegiatan lain.

Sekitar 10 menit kemudian, tetangga dekat korban itu kembali melihat ke luar. Ternyata mobil yang dikemudikan pelaku masih belum pindah dari tempat parkir semula.

Pada saat bersamaan saksi melihat korban menundukkan kepalanya ke arah jendela belakang mobil. Tak berselang lama, mobil lantas berjalan dan pergi.

Berikutnya korban berjalan menuju rumah Ny Panji. Korban menceritakan jika pelaku memberinya plastik. Di dalamnya terdapat uang seribuan dan koin lima ratusan yang terbungkus tisu.

"Setelah itu korban sadar bahwa kalung, gelang, dan cincinnya sudah nggak ada," terang Juwair.

Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke aparat terdekat. Polisi yang datang langsung melakukan olah TKP serta meminta keterangan saksi. Petugas juga melacak mobil yang digunakan pelaku.

"Agar masyarakat berhati-hati terhadap orang baru dikenal. Apabila ada yang mencurigakan silakan lapor ke petugas atau bhabinkamtibmas," pesan Juwair.

(iwd/iwd)