Hipnotis-Bawa Kabur Emas Emak-emak, Pria di Parepare Diciduk Saat Kondangan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 10:27 WIB
Ilustrasi Hipnotis
Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Parepare -

Polisi menangkap Suryadi alias Abbas (42), pria yang menggondol sejumlah perhiasan emas emak-emak dengan modus hipnotis di Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pelaku ditangkap saat menghadiri sebuah acara kondangan.

"Pelaku ditangkap sementara berada di pesta pernikahan saudara kandungnya di Sidrap," ujar Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Sulsel Kompol Suprianto kepada detikcom, Selasa (23/3/2021).

Menurut Suprianto, pelaku dan sejumlah rekannya awalnya bertamu ke rumah korban di area Kelurahan Cappagalung, Kecamatan Bacukiki, Parepare, pada awal Februari 2021. Kemudian korban diajak ikut naik ke mobil pelaku dengan alasan hendak membagi-bagikan uang ke masyarakat yang tidak mampu di sekitar Kota Parepare.

"Saat di mobil, korban juga diiming-imingkan akan ditransferkan uang Rp 100 juta untuk dibagikan kepada orang yang tidak mampu. Kemudian korban disuruh kembali mengambil emas yang ada dirumah korban dengan alasan untuk diberkati," jelas Suprianto.

Menurut Suprianto, korban sudah dihipnotis saat ikut ke mobil pelaku sehingga korban menuruti permintaan pelaku saat diminta mengambil perhiasan emasnya.

"Selanjutnya, korban naik kembali ke mobil. Setelah di mobil emas korban dimasukkan ke dalam sebuah tas lalu digembok, kemudian tas tersebut diganti dengan tas yang lain oleh teman pelaku. Sementara itu korban disuruh pulang dan disuruh membuka tas tersebut di keesokan harinya," jelasnya.

Namun setelah tas tersebut dibuka pada keesokan harinya, barulah korban menyadari dirinya telah menjadi korban hipnotis.

"Kerugian korban Rp 33 Juta lebih (tepatnya Rp 33.750.000)," sebut Suprianto.

Aparat Polsek Soreang dan Resmob Parepare yang menerima laporan korban selanjutnya memulai penyelidikan dan mengungkap identitas Abbas sebagai salah satu pelaku. Abbas sendiri ditangkap di pesta pernikahan saudara kandungnya di Kecamatan Panca Rijang, Sidrap, pada Minggu (21/3).

"Rekan pelaku MN, RD dan AM, masih dalam pencarian," jelas Suprianto.

Simak juga 'Detik-detik Toko Emas di Banyuwangi Dirampok, 3,7 Kg Perhiasan Raib':

[Gambas:Video 20detik]

(hmw/nvl)