Pohon Tumbang Saat Hujan Deras di Jember Timpa Pengendara Motor

Yakub Mulyono - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 20:59 WIB
Pohon tumbang menimpa seorang pengendara motor di Jalan Jawa, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari. Pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.
Pohon yang tumbang di Jember

Diketahui batang pohon itu tumbang, karena patah pada bagian bawahnya. Diduga, kata Dimas, tidak kuat akibat hembusan angin kencang.

"Motornya hancur dan tidak bisa dikendarai. Apalagi bagian setirnya patah jadi dua. Alhamdulillah pengemudinya selamat," ucapnya.

Berselang beberapa menit, petugas TRC BPBD Jember bersama relawan lainnya datang ke lokasi kejadian untuk memindahkan batang pohon tumbang dan melintang di jalan itu.

Diketahui juga dari lokasi kejadian, akibat tumbangnya pohon itu, juga merobohkan tiang milik telkom. Selain itu, kabel listrik yang melintang di tengah jalan juga jatuh dan melintang bersama batang pohon.

"Kita bantu evakuasi korban, dan juga untuk batang pohonnya di potong jadi beberapa bagian agar mudah dipindahkan ke pinggir jalan. Untuk kabel listrik, kabel telkom, kita perbaiki sementara dengan diikat di pinggir jalan menunggu pihak berwenang," kata salah seorang anggota TRC BPBD Jember Bagas Dwi Satyo.

Untuk korban tertimpa pohon dibawa ke RSD dr. Soebandi agar mendapat perawatan lebih intensif. "Dugaan awal luka pada korban, mungkin patah tulang lengan tangan. Tapi tadi diberi bidai untuk sementara. Yang kemudian dibawa ke rumah sakit dengan mobil pribadi milik salah seorang relawan," katanya.

Pantauan di lokasi kejadian untuk arus lalu lintas di Jalan Jawa terpantau ramai lancar dan sempat macet sejenak karena petugas sedang membersihkan bekas pohon tumbang. Kemudian petugas PLN Jember, anggota Polsek Sumbersari, dan dari Koramil setempat datang membantu.

Selain itu diketahui dari lokasi kejadian, salah seorang relawan bencana yang juga anggota DPRD Jember David Handoko Seto tampak berada di lokasi kejadian membantu proses evakuasi pohon tumbang.

"Untuk kejadian pohon tumbang ini, kami akan evaluasi dan menyampaikan kepada dinas lingkungan hidup untuk merapikan bagian atas pohon. Karena saat ini sering terjadi hujan deras disertai angin kencang," kata pria yang juga Ketua Komisi C DPRD Jember ini.

Halaman

(sun/bdh)