Munas Dibuka Jokowi, Apkasi Laporkan Refocusing APBD hingga Vaksinasi

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 17:13 WIB
Munas Dibuka Presiden Jokowi, Apkasi Laporkan soal Refocusing APBD hingga Vaksinasi
Munas V Apkasi dibuka Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Banyuwangi -

Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) resmi dibuka Presiden Jokowi di Istana Negara. Para bupati dari seluruh Indonesia mengikuti melalui daring.

Presiden Jokowi mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh bupati di berbagai daerah yang dalam setahun terakhir bekerja keras menghadapi pandemi COVID-19.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh bapak, ibu bupati yang dalam setahun ini bekerja keras melayani dan mendampingi rakyat menghadapi pandemi," kata Presiden Jokowi dalam sambutan yang disiarkan secara daring, Jumat (26/3/2021).

Jokowi juga meminta para bupati melakukan konsolidasi anggaran. APBD tidak harus dibagi rata kepada semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Rencana APBD harus dilihat betul-betul, buka secara detail, ke mana larinya, output-nya apa, outcome-nya apa. Jangan membelanjakan, sudah sering saya sampaikan untuk banyak pos belanja. Semua dinas diberi, semua, semua, semua, kita nggak punya skala prioritas," ujarnya.

Jokowi lalu memberikan pesan utuk wajib menggunakan produk lokal untuk setiap proyek pemerintah. "Setiap proyek yang ada, harus, wajib menggunakan produk-produk lokal. Jangan sekali-kali membeli untuk proyek pemerintah, itu membeli produk asing," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2