Kata Pakar soal Solusi Jalan Rusak di Wisata Jeglongan Sewu Kab Blitar Selatan

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 13:38 WIB
Guru Besar Fakultas Teknik Jurusan Sipil UB, Prof Ir. Ludfi Djakfar unibraw
Foto: Istimewa (Dok Guru besar Fak Tehnik) Unibraw
Blitar -

Pemkab Blitar dan Universitas Brawijaya (UB) Malang melakukan kajian ilmiah soal jalan rusak. Dan ini hasil kajian ilmiah tim teknik sipil UB, sebagai wacana solusi jalan rusak di Blitar selatan.

Guru Besar Fakultas Teknik Sipil UB, Prof Ir. Ludfi Djakfar mengakui, Pemkab Blitar meminta solusi mengatasi kerusakan jalan dan kemacetan yang terjadi di jalan menuju kawasan pabrik gula RMI. Bersama tim, Ludfi melakukan kajian ilmiah di beberapa titik Kecamatan Kesamben, Binangun dan Wates.

Menurut dia, kondisi jalan eksisting kawasan itu memang rusak berat. Faktor jalan rusak karena konstruksi jalan sudah tidak sesuai dengan beban jalan. Apalagi dalam rencana tata ruang Pemkab Blitar, wilayah itu akan menjadi kawasan industri, wisata dan dilewati jalur Pansela.

"Dari hasil kajian kami, status jalan kabupaten atau kelas III harusnya dinaikkan menjadi jalan provinsi. Kemudian dari fungsi jalan juga harus disesuaikan. Karena jika nanti Pansela selesai proses pembangunannya, maka wilayah itu akan menjadi akses utama yang menghubungkan jalan nasional di sebelah utara (Jalan raya Kesamben-Wlingi- Kota Blitar)," papar Ludfi saat dihubungi detikcom, Jumat (26/3/2021).

Penyesuaian kelas jalan ini, imbuhnya, juga membuat fair angkutan barang yang melintas tidak menyalahi aturan. Karena masalah yang terjadi saat ini, kelas jalan III namun truk tonase besar tidak ditertibkan saat melewatinya.

"Daripada main kucing-kucingan dan saling menyalahkan, sebaiknya memang ada peningkatan kelas jalan," tandasnya.

Ludfi menilai, peningkatan jalan kawasan Blitar selatan membutuhkan dana besar. Dari hasil kajian timnya, jalan sepanjang 16,7 km harus direkonstruksi. Rekonstruksi jalan mulai dari Desa Brongkos Kecamatan Kesamben, diteruskan ke Desa Ngembul, Rejoso Kecamatan Binangun. Sampai ke Desa Mojorejo dan Ringinrejo Kecamatan Wates yang terhubung dengan jembatan Pansela.

Simak juga 'Dulu Bak 'Kolam', Kini Jl Raya Industri Sudah Diperbaiki':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2