Cerita Penerima Program Warung Naik Kelas Banyuwangi Usai Pulih dari Pandemi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 15:43 WIB
Cerita Penerima Program Warung Naik Kelas Banyuwangi usai pandemi
Bupati Ipuk datangi warga (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Pandemi COVID-19 membuat Muhammad Kurdi dan istrinya, Mujiati menetap di kampung halamannya, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Mereka harus meninggalkan usahanya yang telah dirintis selama 20 tahun di Bali karena terdampak pandemi COVID-19.

Sebelum pandemi, Kurdi bekerja di wahana permainan di Bali, sementara Mujiati berdagang di sekitar kawasan tempat Kurdi bekerja. Di awal masa pandemi, Maret tahun lalu, pria berusia 45 tahun tersebut harus menerima keputusan dari tempatnya bekerja, yaitu diberhentikan. Karena wahana permainan ditutup, Mujiati pun juga tidak bisa lagi berdagang.

"Kami pun memutuskan untuk ke Banyuwangi. Di Bali kami juga tidak bisa apa-apa lagi," kata Kurdi kepada detikcom, Kamis (25/3/2021).

"Di Bali, biasanya tiap hari istri saya bisa mendapat hasil lumayan dari berdagang di sekitar tempat saya bekerja. Belum ditambah gaji saya," kata Kurdi.

Dengan modal yang masih tersisa, keduanya lalu memutuskan membuka warung rujak dan dawet di rumahnya. Warung mereka semi permanen terbuat dari kayu. Peralatan usahanya pun apa adanya karena mereka harus berhemat.

Bukan hal mudah bagi pasangan ini untuk memulai hidup baru di Banyuwangi, karena telah sekitar 20 tahun Kurdi dan istrinya hidup berkecukupan di Bali. Apalagi di Banyuwangi Kurdi dan istrinya harus memulai usaha baru.

"Mau bagaimana lagi, kondisinya memang seperti ini. Diterima saja sambil terus berusaha," kata Kurdi.

Warung Kurdi akhirnya mendapat bantuan dari program "Warung Naik Kelas" alias "Wenak". Program ini bagian dari instrumen pemulihan ekonomi yang digeber Pemkab Banyuwangi dengan target 300 warung dalam tiga bulan mulai Maret hingga Mei. Program "Wenak" merupakan perbaikan warung kecil dan memberikan bantuan alat-alat usaha sesuai kebutuhan pemilik warung. Seperti etalase, dispenser, blender, kompor, meja-kursi, peralatan makan, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2