Perjuangan Damkar Blitar Tangkap Ular Sanca yang Masuk Saluran Air

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 11:23 WIB
Ular sanca kembang dilaporkan melintang di jalanan Kota Blitar. Damkar kesulitan menangkapnya, karena sebagian tubuh ular itu masuk saluran air di tepi jalan.
Damkar kesulitan menangkap ular sanca yang masuk saluran air/Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar -

Ular sanca kembang dilaporkan melintang di jalanan Kota Blitar. Damkar kesulitan menangkapnya, karena sebagian tubuh ular itu masuk saluran air di tepi jalan.

Kepala UPT Damkar Kota Blitar, Sujarwo menceritakan, pihaknya menerima laporan warga ada ular berukuran besar yang melintang di Jalan Ciliwung, Kepanjenkidul. Karena tugas Damkar tidak hanya memadamkan kebakaran namun juga mengevakuasi binatang, maka tim Damkar bergegas menuju ke lokasi yang dilaporkan warga.

Begitu banyak warga dan petugas mendekat, si ular mencari jalan untuk sembunyi. Kepala ular sanca kemudian masuk ke sebuah lubang drainase di bawah trotoar jalan. Sementara separuh badannya dipegang kuat salah satu petugas.

"Kami cukup kesulitan mengeluarkan ular itu. Soalnya lubangnya sangat kecil, dan rupanya bagian kepala dan separuh badannya yang atas melilit sesuatu di dalam," ungkap Sujarwo kepada detikcom, Kamis (25/3/2021)

Akhirnya, seorang petugas Damkar menggali tanah di sekitar lubang drainase untuk menggapai kepala ular yang masuk selokan. Bersama beberapa orang, badan ular kemudian ditarik dengan kuat hingga bisa dikeluarkan dari lubang drainase.

"Jenisnya sanca kembang. Panjang sekitar dua meter. Besarnya ya sebesar lengan orang dewasa. Kalau beratnya waduh gak sempat menimbang. Ya terpaksa kami tarik kuat bisanya dikeluarkan," ujarnya.

Dari pengalaman mereka mengevakuasi binatang sejenis ular sanca, biasanya ular akan mengalami stres dan tidak mau makan. Sehingga harus dikarantina.

"Apalagi kan ditarik kuat. Itu pasti stres. Khawatirnya gak mau makan malah mati. Kebetulan ada warga sekitar sini penyayang binatang dan mau merawat ular ini dengan baik. Jadi kami titipkan di warga itu dulu," pungkasnya.

Simak juga 'Petugas Evakuasi Ular Sanca Usai Mangsa Unggas di Parepare':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)