Damkar Surabaya Tangkap Dua Ular Sanca Hari Ini

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 21:04 WIB
Damkar Surabaya hari ini menangkap dua ular sanca dari lokasi berbeda. Ular tersebut sembunyi di gorong-gorong hingga ada yang masuk kap mobil.
Damkar Surabaya menangkap ular sanca/Foto: Istimewa
Surabaya -

Damkar Surabaya hari ini menangkap dua ular sanca dari lokasi berbeda. Ular tersebut sembunyi di gorong-gorong hingga ada yang masuk kap mobil.

Pertama, penangkapan ular dilakukan Tim PMK Unit Mulyorejo di Jalan Wisma Permai I, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Mulyorejo. Ular sanca kembang sepanjang 5 meter itu ditangkap petugas di gorong-gorong.

Kepala Tim Unit Damkar Mulyorejo Moch Hatta mengatakan, setelah menerima laporan, pihaknya langsung mendatangi lokasi. Mereka melakukan evakuasi pada pukul 14.00 WIB.

"Pertama dari laporan warga. Posisinya dari pos sekuriti Perumahan Wisma Permai. Mereka yang tahu kemudian melaporkan ke kita," kata Hatta saat dikonfirmasi detikcom, Senin (25/1/2021).

Hatta menyampaikan, pihaknya sempat mengalami kesulitan saat melakukan penangkapan ular tersebut. Sebab, ular yang dilaporkan masuk ke gorong-gorong. Sehingga petugas harus membongkar beton penutup gorong-gorong tersebut.

"Ularnya sudah masuk ke dalam gorong-gorong atau got yang ditutup dengan beton cor. Ada space kecil kelihatan ularnya. Untuk keselamatan tim, harus kita bongkar, karena ularnya besar. Jadi bongkar agar cara kita mengambil juga aman. Ketika ular itu menyerang kita juga aman. Kita punya peralatan bodem, kita pukulkan ke situ. Setelah itu, kita bareng-bareng dibantu Satpol PP," ungkap Hatta.

Ular sanca sepanjang 5 meter tersebut kemudian dimasukkan ke karung. Lalu dibawa ke BPB Linmas oleh Tim Darlog.

Penangkapan ular yang kedua terjadi di Jalan Dharma Husada, di salah satu apotek. Ular sanca dengan panjang 50 sentimeter itu sempat membuat panik seorang pemilik mobil. Sebab, ular tersebut ditemukan di dalam kap mobil yang terparkir.

Kepala Tim Unit PMK Menur, Rudi mengatakan, evakuasi dilakukan sekitar pukul 15.06 WIB. Namun dalam laporan awal, ular bukan berada di dalam mobil. Melainkan di dalam apotek.

"Laporan awal kita berangkat, ular berada di apotek, ular tidak ada di dalam. Ternyata ular berada di dalam kap mobil yang terparkir," kata Rudi.

Rudi menjelaskan, ular sanca tersebut melilit di mesin mobil. Ular itu dievakuasi dan diamankan sementara di Pos Unit Damkar Menur.

"Kita cari di garasi tidak ada, ternyata ada di kap mobil. Panjang ular 50 sentimeter," ungkap Rudi.

(sun/bdh)