Ini Persiapan Unesa Jelang UTBK-SBMPTN Sesuai Prokes

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 08:42 WIB
Jelang UTBK SBMPTN, Unesa Lakukam Assesment Pastikan Kelayakan Lokasi Sesuai Prokes
Foto: Istimewa (Dok Humas Unesa)
Surabaya -

Jelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) serentak 12 April 2021, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan persiapan. Salah satunya memastikan tempat ujian sesuai standar protokol kesehatan dan Satgas COVID-19 Kota Surabaya melakukan assesment.

Semua ruangan dan Lab Komputer yang akan digunakan sebagai tempat ujian diperiksa, untuk memastikan sudah sesuai protokol kesehatan. Seperti ventilasi, sirkulasi udara, sampai ke jarak duduk dan kapasitas ideal peserta di masing-masing ruangan.

Total ada 36 ruangan UTBK yang disediakan Unesa. Jumlah itu terbagi ke dalam tiga lokasi ujian. Di Unesa kampus Lidah Wetan ada 13 ruangan, dan di kampus Ketintang ada 18 ruangan. Sementara 5 ruangannya lagi ada di kampus mitra, Unusa.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof Dr Bambang Yulianto menjelaskan, bahwa ada beberapa prosedur UTBK di Unesa. Pertama, peserta wajib menunjukkan surat bebas COVID-19 berupa hasil negatif swab antigen.

"Kedua, dari sisi ruangan kapasitasnya diisi 50 persen dari kapasitas normal. Jika biasanya ruangan bisa diisi 50 peserta, maka saat UTBK hanya diisi 20 peserta saja. Ruangan harus memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup. Jarak duduk peserta diatur satu sampai satu setengah meter," kata Bambang, Kamis (25/3/2021).